Disdukcapil butuh mobil pelayanan keliling untuk Kota Kupang

id mobil pelayanan keliling

Disdukcapil butuh mobil pelayanan keliling untuk Kota Kupang

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang Agus Ririmase. ANTARA/Benny Jahang

Mobil pelayanan keliling e-KTP itu untuk membantu warga yang tinggal di wilayah pinggiran Kota Kupang, seperti Kelurahan Naioni, Alak, Manulai I dan Manulai II, serta Kelurahan Kolhua.
Kupang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur membutuhkan dua mobil pelayanan keliling untuk perekaman data e-KTP bagi masyarakat di kelurahan-kelurahan yang jauh dari pusat pelayanan.

Kepala Disdukcapil Kota Kupang Agus Ririmase di Kupang, Jumat (31/1), mengatakan kebutuhan tersebut terkait dengan upaya pemerintah menjangkau masyarakat di daerah pelosok kota yang membutuhkan layanan perekaman data e-KTP.

Ia menjelaskan mobil pelayanan keliling e-KTP itu untuk membantu warga yang tinggal di wilayah pinggiran Kota Kupang, seperti Kelurahan Naioni, Alak, Manulai I dan Manulai II, serta Kelurahan Kolhua.

Baca juga: Dibuka layanan pembuatan e-KTP langsung cetak
Baca juga: Pemerintah percepat perekaman e-KTP


"Kami membutuhkan dua unit mobil pelayanan keliling untuk mendukung kegiatan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan bagi warga Kota Kupang yang kesulitan untuk mengakses Kantor Disdukcapil yang lokasinya jauh dari beberapa kelurahan itu," kata Agus Ririmase.

Ia mengatakan apabila telah didukung mobil pelayanan keliling maka masyarakat di daerah-daerah pinggiran Kota Kupang itu tidak perlu harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil guna perekaman data e-KTP.

"Warga bisa melakukan perekaman data e-KTP pada mobil keliling, sehingga tidak terjadi penumpukan di Kantor Disdukcapil," ujarnya.

Dia mengatakan setiap hari terdapat 1.000 warga Kota Kupang yang datang ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan, seperti e-KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga.
 
Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore menyerahkan e-KTP langsung cetak kepada warga Kota Kupang, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Benny Jahang


Ia mengatakan apabila sudah didukung mobil pelayanan keliling maka sarana itu bisa mengurai kepadatan warga yang datang ke kantor Disdukcapil setempat untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Pihaknya berharap, dukungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk membantu pengadaan mobil pelayanan keliling agar pelayanan publik di daerah itu bisa lebih optimal.