Ribuan pohon trembesi dan angsana menghijaukan wajah Kota Kupang

id tanam pohon

Ribuan pohon trembesi dan angsana menghijaukan wajah Kota Kupang

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jefrison Riwu Kore. (ANTARA/Benny Jahang)

Pencanangan bulan Kupang Hijau pada periode Februari hingga Maret adalah wujud nyata dari keseriusan pemerintah dalam mencitpkan Kota nan hijau dan nyaman serrta asri bagi para penghuninya..
Kupang (ANTARA) - Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore mengatakan sebanyak 9.000 pohon trembesi dan angsana telah ditanam di berbagai lokasi di wilayah ibu kota Nusa Tenggara Timur sebagai upaya untuk menghijaukan wajah kering Kota Kupang serta mengurangi dampak pemanasan global.

"Penanaman pohon akan terus dilakukan di daerah ini sehingga daerah ini menjadi lebih hijau. Kami akan mencanangkan bulan Kupang Hijau pada priode Februari-Maret 2020 dalam mewujudkan kawasan Kota Kupang yang hijau dan indah," kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore di Kupang, Senin (3/2).

Ia mengatakan, pencanangan bulan Kupang Hijau pada periode Februari hingga Maret adalah wujud nyata dari keseriusan pemerintah dalam mencitpkan Kota nan hijau dan nyaman serrta asri bagi para penghuninya.

Menurut mantan anggota Komisi X DPR RI ini, Aksi pencanangan bulan Kupang Hijau merupakan program khusus untuk mendorong peran aktif masyarakat kota dalam gerakan menanam pohon, menyimpan air tanah serta mengurangi sampah plastik.

Menurut dia, pemerintah Kota Kupang telah menanam 9.000 pohon yaitu pohon yang ditanam oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebanyak 5.970 pohon sedangkan penanaman pohon dilakukan Pegawai Tidak Tetap (PTT) lingkup Kota Kupang sebanyak 3000-an pohon.

Ia mengatakan semua unsur dilibatkan dalam kegiatan bulan Kupang Hijau seperti rumah ibadah, sekolah, kampus, perusahaan, kantor-kantor dan LSM.

"Pemerintah harus menjadi penggerak, ikut dan terlibat menjadi pioner dalam menyukseskan kegiatan bulan Kupang Hijau ini," kata Jefrison Riwu Kore.
 
Sekolah Dasar Negeri Bertingkat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mendukung program bulan Kupang Hijau dengan menyiapkan tong sampah guna mewujudkan kota yang bersih dan hijau serta bebas sampah. (ANTARA/Benny Jahang)



Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kota Kupang, Yeri Padji Kana mengatakan dalam mendukung kegiatan bulan Kupang Hijau, pemerintah Kota Kupang mendapat bantuan 10.000 anakan trembesi dan angsana dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung Benenain Noelmina (BPDASHIL).

"Semua anakan tanaman itu akan didistribusikan ke sekolah-sekolah untuk ditanam di lingkungan sekolah dan rumah masing-masing siswa," kata Yeri Padji Kana.