Dua buah pasar modern akan dibangun di Kota Kupang

id Pasar modern

Dua buah pasar modern akan dibangun di Kota Kupang

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

"Dua buah pasar modern yang segera dibangun dalam tahun 2020 ini berlokasi di Pasar Kasih Naikoten I dan Pasar Oeba Kupang," kata Jefrison Riwu Kore.
Kupang (ANTARA) - Kementerian Perdagangan akan segera membangun dua unit pasar modern di wilayah Kota Kupang dalam tahun ini untuk mendukung aktivitas perdagangan di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore dalam kegiatan Gathering Media di Kupang, Rabu (12/2), mengatakan dua buah pasar yang segera dibangun dalam tahun 2020 ini berlokasi di Pasar Kasih Naikoten I dan Pasar Oeba Kupang.

"Kondisi kedua pasar tradisional itu sudah sangat padat sehingga perlu dibenahi secara total agar aktivitas perdagangan menjadi lebih nyaman," kata Jefrison Riwu Kore.

Menurut dia, alokasi dana pembangunan untuk kedua pasar modern itu sekitar Rp10 miliar yang bersumber dari Kementerian Perdagangan.

"Kalau dua pasar itu sudah tertata dengan baik maka kita akan memiliki pasar modern, karena selama ini Pasar Kasih dan Oeba masih masuk kategori pasar tradisional," ungkap Jefrison Riwu Kore.
Salah satu aktivitas di pasar modern. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/pd).
Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang semula mendesain pembangunan dua pasar itu untuk dua lantai, namun karena dukungan anggaran desain tidak dialokasikan maka pembangunan dua unit pasar itu hanya untuk satu lantai.

Ia mengatakan bangunan Pasar Kasih Naikoten I yang sudah dibangun dua lantai akan dibongkar secara total dan dibangun dengan bangunan satu lantai.

"Bangunan pasar yang ada akan kita robohkan untuk dibangun yang baru," kata Wali Kota didampingi Plt Sekda Kota Kupang Eli Wairata serta Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Kota Kupang Yoseph Rera Beka, dan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang Eduard Jhon Pelt.

Pemerintah Kota Kupang saat ini sedang menggodok regulasi tentang penghapusan aset Pasar Kasih Naikoten I Kupang sebelum dua lantai itu dibongkar untuk dibangun pasar modern.

Ia mengatakan pembangunan dua unit pasar modern di Kota Kupang itu akan mendukung kegiatan aktivitas perdagangan menjadi lebih memadai, nyaman, bersih dan sehat bagi para penjual dan pembeli. 
Aktivitas para pedagang di salah satu pasar tradisional di Jakarta. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama)