Bupati di NTT diminta tidak menolak wisatawan

id wisatawan

Bupati di NTT diminta tidak menolak wisatawan

Obyek wisata pantai Konda Maloba di Desa Konda Maloba, Kabupaten Sumba Tengah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Sumba, Sabtu (29/2/2020) (ANTARA/ Benny Jahang)

"Tidak boleh terjadi ada penolakan terhadap wisatawan yang datang berkunjung ke NTT. Wisatawan yang datang ke NTT harus diterima dengan baik," kata Viktor Laiskodat..
Waikabubak (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat berharap para bupati dan wali kota di daerah ini untuk tidak menolak kedatangan wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke provinsi berbasis kepulauan ini.

"Tidak boleh terjadi ada penolakan terhadap wisatawan yang datang berkunjung ke NTT. Wisatawan yang datang ke NTT harus diterima dengan baik," kata Viktor Bungtilu Laiskodat di sela-sela kunjungan kerja ke daratan Pulau Sumba, Minggu (1/3).

Ia mengatakan NTT sebagai salah satu daerah tujuan wisata harus siap menerima kunjungan wisatawan dari manapun wisatawan itu berasal.

"NTT menerima wisatawan dari manapun datangnya, baik melalui kapal pesiar, pesawat terbang dan berbagai moda transportasi lainnya," kata Gubernur Viktor.

Baca juga: NTT optimistis 50.000 wisatawan kunjungi Komodo selama 2020
Baca juga: Wisatawan dan kru MV Coral Adventure bebas dari corona


Menurut dia, apabila ada indikasi wisatawan yang mengalami gangguan kesehatan agar mengikuti prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan terhadap wisatawan apabila ada yang dicurigai menderita virus Corona dengan melakukan medical chek up sesuai standar kesehatan yang berlaku.

Viktor berharap para kepala daerah di provinsi berbasis kepulauan ini agar selalu berkordinasi dengan Dinas Kesehatan NTT, Kemenkes RI, dan semua pihak terkait terkait penanganan masalah virus Corona.

Mantan Ketua Fraksi DPR-RI dari Partai NasDem juga berharap masyarakat NTT tidak perlu kuatir dan panik secara berlebihan dalam menghadapi kasus virus Corona yang telah menyebabkan ribuan orang meninggal di berbagai negara itu.

Baca juga: Penerbangan perintis diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan
Baca juga: Kunjungan wisatawan ke TNK menurun akibat cuaca buruk
Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika melihat potensi wisata di Pantai Maloba, Kabupaten Sumba Tenga, Sabtu (29/2/2020). (ANTARA/Benny Jahang)


"Masyarakat memang perlu waspada tapi tidak perlu takut berlebihan. Serahkan seluruh hidup kita kepada penyelenggaraan Tuhan. Perkuat daya tahan tubuh. Konsumsi telor setiap hari dan makan makanan yang bergizi lainnya sehingga daya tahan tubuh semakin lebih kuat dan tidak mudah menderita sakit," ungkap Viktor.

Ia juga meminta agar para petugas medis di berbagai rumah sakit di NTT dapat melakukan sosialisasi yang baik dan benar kepada masyarakat baik yang berada di wilayah perkotaan maupun perdesaan tentang virus Corona sehingga tidak menciptakan kepanikan yang berlebihan.