Pengguna jasa Bandara El Tari Kupang diperkirakan meningkat

id Bandara El Tari

Pengguna jasa Bandara El Tari Kupang diperkirakan meningkat

GM PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Barata Singgih. (ANTARA/Kornelis Kaha)

"Kami tetap optimistis ada peningkatan penggunaan jasa melalui Bandara El Tari Kupang meski ada ancaman virus corona yang selalu menghantui secara global," kata Barata Singgih..
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan optimistis bahwa dalam tahun ini jumlah pengguna jasa di bandara yang ada di Pulau Timor ini akan meningkat.

"Kami tetap optimistis ada peningkatan penggunaan jasa melalui Bandara El Tari Kupang meski ada ancaman virus corona yang selalu menghantui secara global," kata GM PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang, Barata Singgih kepada Antara di Kupang, Sabtu  (29/2).

Ia tetap menyatakan optimistis soal peningkatan tersebut karena pemerintah tengah membuat berbagai program dengan harga tiket yang murah bagi warga yang ingin bepergian dengan pesawat.

Barata mengatakan bahwa dampak virus corona ini memang sangat besar pengaruhnya bagi dunia penerbangan, khususnya bagi wisatawan mancanegera yang ingin berkunjung ke suatu daerah.

Oleh karena itu, kebijakan memberikan insentif bagi penumpang pesawat yang ingin bepergian tentu akan sangat membantu masyarakat.
Para penumpang pesawat sedang melintas di samping gedung terminal Bandara El Tari Kupang yang sedang dalam proses pembangunan, Sabtu (21/12/19). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
Ia mengakui bahwa pada 2019 jumlah pengguna jasa di bandara itu memang mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Bagi kami, tahun 2019 adalah mimpi buruk, karena jumlah pengguna jasa di bandara El Tari hanya mencapai satu jutaan penumpang, padahal di tahun 2018 jumlahnya mencapai lebih dari dua juta penumpang," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah memberikan insentif berupa diskon tiket pesawat domestik sebesar 30 persen mulai Maret 2020 guna mendongkrak industri pariwisata yang tertekan karena dampak wabah virus corona atau Covid-19.

Ia mengatakan pemerintah menyiapkan insentif Rp443,9 miliar untuk diskon tiket pesawat sebesar 30 persen dengan tujuan 10 destinasi wisata. Diskon tiket itu dijadwalkan berlangsung dari Maret hingga Mei 2020.

"Bentuk diskon 30 persen potongan harga tiket untuk 25 persen 'seat' (okupansi) per pesawat yang menuju 10 destinasi wisata," ujar Menteri Sri Mulyani.
Peresmian pembukaan rute perdana Dimonim Air rute Kupang-Sabu-Waigapu di Bandara El Tari Kupang. (ANTARA/HO-Humas Bandara El Tari Kupang)