Dana KUR pertanian untuk NTT Rp1 triliun

id dana kur

Dana KUR pertanian untuk NTT Rp1 triliun

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan pertemuan dengan para petani dan peternak di Kabupaten Sumba Tengah, Sabtu (29/2/2020) (ANTARA/Benny Jahang)

Kementerian Pertanian mengalokasikan dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp1 triliun untuk mendukung pembangunan sektor pertanian dan peternakan di NTT dalam tahun ini.
Kupang (ANTARA) - Kementerian Pertanian mengalokasikan dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp1 triliun untuk mendukung pembangunan sektor pertanian dan peternakan di Nusa Tenggara Timur dalam tahun ini.

Angka KUR itu disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat melalui Kepala Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu ketika dihubungi wartawan di Kupang, Selasa (3/3).

"Pada tahun ini NTT memperoleh dana KUR sebesar Rp1 triliun, yang dapat dimanfaatkan para petani untuk mendukung pembangunan sektor pertanian dan peternakan," kata Marius Ardu Jelamu.

Pertanian dan Peternakan di NTT, merupakan dua sektor unggulan yang menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi provinnsi berbasis kepuauan ini.

Menurut Marius Ardu Jelamu, sektor pertanian dan peternakan memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini, sehingga dengan suntikan dana KUR Rp1 triliun dapat mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat daerah ini.

Baca juga: Menpar apresiasi program KUR pariwisata di Labuan Bajo
Baca juga: OJK mengakui penyaluran KUR di NTT tidak mencapai target


"Kami berharap para petani di NTT agar memanfaatkan dana KUR Rp1 triliun itu untuk mengembangkan usaha. Dengan demikian pendapatan ekonomi masyarakat menjadi meningkat,"tegasnya.

Pemerintah NTT mengapresiasi Kementerian Pertanian dalam mendukung pembangunan di daerah ini dengan mengalokasikan dana KUR Rp1 triliun untuk pembangunan di daerah ini.

Ia mengatakan, pengalokasian dana KUR selain untuk mendorong peningkatan usaha ekonomi warga juga untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.

"Dana KUR menjadi kekuatan baru bagi daerah ini dalam mendorong pembangunan ekonomi, sehingga warga NTT harus memanfaatkan dana KUR secara baik guna meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga menjadi lebih baik,"tegasnya.

Baca juga: Penyaluran KUR di NTT baru mencapai 26 persen
Baca juga: Perbankan di Flores Timur diminta permudah KUR