KPU tetapkan 590 anggota PPK untuk Pilkada serentak

id pilkada 2020 di ntt

KPU tetapkan 590 anggota PPK untuk Pilkada serentak

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT, Thomas Dohu. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Tahapan proses seleksi anggota PPK sudah selesai dan saat ini sedang dalam proses rekrutmen anggota PPS,
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 590 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jumlah ini akan ditempatkan pada 118 kecamatan yang tersebar pada sembilan kabupaten yang menyelenggarakan pilkada di NTT, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT, Thomas Dohu kepada Antara di Kupang, Senin (9/3)  terkait proses rekrutmen PPK.

"Tahapan proses seleksi anggota PPK sudah selesai dan saat ini sedang dalam proses rekrutmen anggota PPS," katanya.

Menurut dia, setiap kecamatan membutuhkan lima orang anggota PPK, sehingga total anggota PPK yang ditetapkan sebanyak 590 orang.

Baca juga: KPU harus mendesain pemilu tanpa korban
Baca juga: Talan-Akoit serahkan syarat dukungan ke KPU


Mengenai panitia pemungutan suara (PPS), dia mengatakan, saat ini sedang dalam proses rekrutmen untuk ditempatkan pada semua desa/kelurahan di sembilan kabupaten.

"Untuk PPS sedang dalam proses rekrutmen hingga 14 Maret 2020, dan pelantikannya akan dilakukan pada 23 Maret 2020," katanya menjelaskan.

Menurut dia, KPU membutuhkan 3.555 anggota PPS untuk ditempatkan pada 1.185 desa/kelurahan yang ada di sembilan kabupaten.

"Setiap desa/kelurahan dibutuhkan tiga orang anggota PPS, sehingga KPU membutuhkan ada 3.555 orang," katanya menambahkan. ***2***