Inaportnet segera diterapkan cegah agen ilegal di Pelabuhan Tenau

id KSOP,Inoportnet,NTT,Pelabuhan tenau

Inaportnet segera diterapkan cegah agen ilegal di Pelabuhan Tenau

Pembahasan soal penerapan sistem inoportnet di kantor KSOP Kupang. (Antara/ Kornelis Kaha)

Penerapan sistem ineportnet itu juga akan membantu agen-agen kapal resmi untuk mengecek berkas-berkas pemeriksaan kapalnya yang ada di KSOP
Kupang (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tenau Kupang dalam waktu dekat segera menerapkan sistem Inaportnet untuk mencegah munculnya agen-agen ilegal yang beroperasi di pelabuhan yang berada di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Beberapa waktu lalu kami sempat mengikuti rapat bersama sekaligus pelatihan untuk penerapan sistem ini, dan dalam waktu dekat sistem inepornet ini segera diterapkan di wilayah kita untuk mencegah beroperasi agen-agen ilegal di pelabuhan ini," kata Kepala KSOP Tenau Kupang Aprianus Hangki kepada ANTARA di Kupang, Senin (16/3).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan pencegahan yang dilakukan oleh KSOP Pelabuhan Tenau Kupang guna meminimalisir tatap muka antara pegawai atau petugas dengan pengguna jasa.

Inapornet sendiri adalah portal elektronis yang terbuka dan netral guna memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhan secara cepat, aman, netral dan mudah yang terintegrasi dengan instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan, dan pelaku industri logistik untuk meningkatkan daya saing komunitas.

Penerapan sistem ineportnet itu juga akan membantu agen-agen kapal resmi untuk mengecek berkas-berkas pemeriksaan kapalnya yang ada di KSOP.

"Jadi setiap agen kapal yang resmi akan kami berikan username untuk bisa mengakses berkas-berkas yang diajukan ke Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan," tambah dia.

Ia mengatakan dengan adanya Inaportnet di Pelabuhan Tenau maka agen pelayaran yang tidak memiliki legalitas yang sesuai tidak dapat melakukan kegiatannya di pelabuhan mengingat sistem tersebut berbasis daring (online).

Baca juga: KSOP Kupang terapkan aturan tarif bagi portir

"Sistem Inaportnet dilaksanakan untuk memberikan kemudahan pada pelayanan dan barang di pelabuhan serta mengintegrasikan aplikasi pada bidang kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh Instansi terkait," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, mempermudah melakukan pengawasan, pengendalian dan pengaturan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan serta mempermudah memperoleh data dan yang utama adalah mendukung terciptanya keselamatan berlayar.

Baca juga: Ombudsman Apresiasi KSOP Terapkan Layanan E-Billing
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar