Pantai Teres jadi agrowisata unggulan di Kabupaten Kupang

id pantai wisata teres, agrowisata,Kabupaten Kupang

Pantai Teres jadi agrowisata unggulan di Kabupaten Kupang

Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (Antara/ Benny Jahang)

Dalam pembangunan beberapa fasilitas umum dalam kawasan Pantai Teres juga melibatkan masyarakat dari lima desa yang bermukim di sekitar
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menjadikan Pantai Teres, Kecamatan Amarasi Selatan, sebagai lokasi agrowisata unggulan untuk menunjang pembangunan sektor pariwisata di daerah ini.

"Pantai Teres memiliki banyak keunggulan sumber daya alam yang melimpah. Selain memiliki keindahan alam yang indah juga terdapat banyak lahan potensial untuk pengembangan usaha pertanian, perikanan air tawar dan perkebunan untuk dijadikan sebagai lokasi wisata bagi wisatawan," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno kepada wartawan di Oelemasi, Jumat (20/3).

Menurut Bupati Korinus yang didampingi Asisten I Setda Kabupaten Kupang, Rima Salean, Pantai Teres sangat eksotik sehingga kawasan wisata itu ditetapkan sebagai lokasi wisata unggulan untuk agrowisata di Kabupaten Kupang.

Baca juga: Kembangkan wisata Pantai Teres, Pemkab Kupang alokasikan Rp 40 miliar

Ia mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar khusus untuk pembagunan kawasan wisata di Pantai Teres sehingga untuk menunjang wisatawan yang datang berkunjung.

Pemerintah juga tambah Korinus, telah mengalokasikan dana untuk pembangunan sektor perikanan, pertanian, perkebunan dan pembangunan infrastruktur jalan menuju Pantai Teres yang mencapai belasan miliar.

"Dalam pembangunan beberapa fasilitas umum dalam kawasan Pantai Teres juga melibatkan masyarakat dari lima desa yang bermukim di sekitar kawasan Pantai Teres," tegasnya.

Baca juga: Pariwisata akan jadi sektor unggulan di Kabupaten Kupang

Adanya partisipasi warga tambah Korinus, sehingga alokasi dana pembangunan fasilitas umum dalam kawasan wisata pantai selatan Kabupaten Kupang itu sangat kecil.


"Masyarakat akan membangun panggung terbuka dalam kawasan itu secara bergotong royong dengan menggunakan bahan bangunan lokal yang pengadaannya dilakukan warga setempat," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan kawasan wisata Pantai Teres mulai dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang pada Mei 2020.

Baca juga: Pariwisata Kabupaten Kupang diharapkan berkembang mulai tahun ini
Baca juga: Terus digenjot pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Kupang
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar