Siswa harus memanfaatkan libur untuk belajar mandiri

id libur sekolah,corona virus, sumba tengah

Siswa harus memanfaatkan libur untuk belajar mandiri

Bupati Sumba Tengah, Paulus SK Limu. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Kupang (ANTARA) -
Bupati Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) Paulus SK Limu meminta seluruh anak didik di daerah itu, dapat memanfaatkan waktu libur untuk belajar secara mandiri di rumah masing-masing.

"Terkait dengan liburan sekolah dalam rangka memutus mata rantai COVID-19, saya minta kepala sekolah dan guru serta orang tua agar dapat meyakinkan anak-anak, untuk belajar mandiri di rumah dengan penuh kegembiraan," kata Paulus SK Limu kepada ANTARA melalui pesan WhatsApp, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kebijakan meliburkan anak didik pada semua tingkatan, mulai 20 Maret hingga 4 April 2020, dalam rangka mencegah penyeberan COVID-19.

Dia juga mengimbau orang tua, untuk mengarahkan anak-anak menghindari jabat tangan, cium hidung, berpelukan dengan para tamu yang berasal dari luar rumah.

Selain menjaga jarak dengan tamu, dan tidak menghadiri kerumunan orang di luar rumah, serta memastikan anak-anak memperoleh asupan gizi yang cukup, katanya.
 
Hal penting yang juga harus diperhatikan orang tua adalah tidak membawa atau meminta anak-anak untuk ke pasar atau pusat keramaian. 

"Para orang tua harus dapat memanfaatkan waktu bersama anak-anak di rumah, dan membantu membimbing anak-anak untuk belajar mandiri, dan tidak perlu ke tempat-tempat keramian," katanya.

Artinya, kita harus belajar dari negara-negara lain dalam mencegah penyebaran Virus Corona, kata Paulus SK Limu menambahkan.