Sumba Tengah siap salurkan bansos bagi warga terdampak COVID-19

id bansos,sumba tengah,ntt,kupang,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Sumba Tengah siap salurkan bansos bagi warga terdampak COVID-19

Bupati Sumba Tengah, Paulus SK. Limu. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Kami sedang menyiapkan. Pekan ini juga sudah bisa disalurkan kepada masyarakat, termasuk bantuan sosial dana desa.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat daerah itu yang terkenak dampak COVID-19.

"Kami sedang menyiapkan. Pekan ini juga sudah bisa disalurkan kepada masyarakat, termasuk bantuan sosial dana desa," kata Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu, Selasa, (14/4) menjawab pertanyaan ANTARA terkait penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Keuangan dan Menteri Sosial memastikan program jaring pengaman sosial melalui bantuan sosial untuk warga yang berdampak COVID-19 dapat berjalan.

Baca juga: Sumba Tengah siapkan Rp35 miliar tangani dampak COVID-19

Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference mengenai laporan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Senin (13/4) menginstruksikan kementerian terkait agar bantuan sosial sudah mulai didistribusikan pada pekan ini.
.
"Minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat mendesak sekali baik yang berkaitan dengan kartu prakerja, PKH, bantuan sosial langsung, kartu sembako, pembagian sembako di Jabodetabek semua harus sudah jalan minggu ini," ujarnya dalam rapat terbatas yang disiarkan Sekretariat Kabinet melalui chanel youtube.

Presiden mengaku sudah turun langsung ke bawah melihat bantuan-bantuan tersebut sudah ditunggu masyarakat. Ia minta agar bantuan tersebut benar-benar sampai ke tangan masyarakat.


Baca juga: Sumba Tengah bans employees from leaving district to contain coronavirus
"Saya turun ke bawah kemarin saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu masyarakat. Jangan nanti di bawah melihat kita ini hanya omong saja tapi barangnya tidak sampai ke mayarakat," tandasnya.

Bupati Sumba Tengah menambahkan pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp35 miliar, untuk penanganan dampak COVID-19 di daerah itu.

"Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp35 miliar. Besaran anggaran sudah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri di Jakarta," katanya.

Menurut dia, anggaran inilah yang akan dipergunakan untuk penanganan dan pencegahan COVID-19 seperti penanganan dampak kesehatan, penanganan dampak sosial ekonomi, serta penyediaan jaring pengaman sosial (JPS). 

Baca juga: Sumba Tengah kerahkan semua elemen cegah DBD