Empat Armada Pelni Siap Layani Pemudik

id kapal

Empat Armada Pelni Siap Layani Pemudik

KM Umsini, salah satu armada kapal milik PT Pelni untuk melayani para pemudik Lebaran 2017 dari Kupang menuju kota-kota lain di Tanah Air. (Foto ANTARA)

Pelni Cabang Kupang siagakan empat aramada kapal masing-masing KM Bukit Siguntang, KM Umsini, KM Awu, dan KM Wilis untuk melayani penumpang mudik Lebaran 2017.
Kupang (Antara NTT) - Kepala PT Persero Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kupang Adrian mengatakan empat aramada kapal masing-masing KM Bukit Siguntang, KM Umsini, KM Awu, dan KM Wilis siap mengangkut penumpang mudik Lebaran 2017.

"Armada-armada ini yang selama ini melayani penumpang dari Kupang menuju pelabuhan-pelabuhan yang ditentukan pergi dan pulang sehingga untuk operasionalnya tidak ada persoalan," katanya di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu terkait persiapan menyambut arus mudik Idulfitri 1438 Hijriah, terutama kapal Pelni yang akan mengangkut para pemudik kembali ke kampung halamannya.

Daerah-daerah yang akan disinggahi itu, antara lain Kupang, Kalabahi di Kabupaten Alor, Lewoleba di Kabupaten Lembata atau ujung Timur Pulau Fores, Maumere di Kabupaten Sikka, Ende di Kabupaten Ende dan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat ujung Barat Pulau Flores.

"Kami optimistis dengan empat armada kapal penumpang yang ada, arus penumpang mudik mudik 2017 bisa terlayani dengan baik dan lancar," katanya.

Secara nasional PT (Persero) Pelni siap layani pemudik Lebaran 2017 yang menggunakan moda transportasi angkutan laut dengan kekuatan sebanyak 25 armada miliknya dari berbagai tipe (12 unit tipe 2000 dan 3000, 9 unit kapal tipe 1000, 3 unit kapal 500, dan 1 unit kapal penumpang ro-ro), total kapasitas penumpang yang dapat diangkut Pelni sebanyak 45.624 seats.

Seluruh kapal Pelni katanya telah dilengkapi oleh sistem dan fasilitas keselamatan yang memenuhi standar regulasi International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) dari International Maritime Organization (IMO).

Sebelumnya, PT Pelindo III Cabang Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), meningkatkan Pelabuhan Tenau menjadi Pelabuhan Multiguna. Peningkatan perluasan pelabuhan Tenau yang menghabiskan dana Rp96 miliar itu untuk mengantisipasi tingginya lalu lintas kapal di pelabuhan itu.

Pekerjaan pengembangan dermaga itu, kata General Manager PT Pelindo Tenau Kupang Robiyanto, telah selesai dengan panjang 90 meter, lebar 20,5 meter, serta pembangunan jetty dengan panjang 110 meter, lebar 30 meter.

Selain itu, dilakukan dredging sisi kiri sampai dengan 5.000 dan sisi kanan 10.000 diakhiri dengan pembuatan dua buah mooring dolphin lengkap dengan catwalk.

Dermaga itu semula berfungsi sebagai dermaga pelra beralih fungsi menjadi dermaga kargo karena dirancang dapat melayani jenis kapal bulk carrier dengan ukuran maksimum 30.000 DWT untuk sisi depan, jenis kapal long supply vessel dengan ukuran maksimum 20.000 DWT untuk sisi belakang dan kapal Bungkering Barge dengan ukuran maksimum 5.000 DWT untuk sisi kiri.

"Peningkatan struktur dermaga itu merupakan salah satu ekspansi Pelindo III Tenau Kupang untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik bagi pengguna jasa kepelabuhan itu," katanya.