JPCC sumbangkan 600 APD untuk RS-Puskesmas di NTT

id JPCC, RSUD,Puskesmas,APD,NTT,Kupang,Kota Kupang

JPCC sumbangkan 600  APD untuk RS-Puskesmas di NTT

Ketua Yayasan  JPCC Yana (kanan) memberikan secara simbolik satu dus APD kepada Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin di Kupang, (ANTARA/Kornelis Kaha).

Ini kali kedua kami sumbangkan 600 unit APD bagi perawat dan dokter yang bertugas di RS dan di pukesmas di NTT dalam penangganan COVID-19.
Kupang (ANTARA) - Jakarta Perkasa Citra Cemerlang Foundation (JPCC) menyumbangkan 600 unit alat pelindung diri (APD) ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas di NTT untuk penangganan COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Ini kali kedua kami sumbangkan 600 unit APD bagi perawat dan dokter yang bertugas di RS dan di pukesmas di NTT dalam penangganan COVID-19," kata Ketua Yayasan JPCC Yana kepada wartawann di Kupang, Rabu (22/4).

Baca juga: NTT minta semua elemen kawal bantuan penanganan COVID-19
Baca juga: Akhir April NTT miliki laboratorium pemeriksaan swab sendiri


Ia mengatakan sumbangan 600 unit alat pelindung itu, disumbangkan ke RS dan puskesmas karena memang saat ini NTT masih sangat kekurangan APD.

Untuk sumbangan kali kedua ini, pihaknya tidak hanya menyumbangkan di RS Kota Kupang saja, tetapi juga di RS Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan beberapa kabupaten di pulau Timor itu.

"Untuk di Kota Kupang ini kami salurkan ke RS tentara, RS Santo Boromeus, RS Carolus, puskemas di kabupaten Kupang, RS di Soe kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Atambua," tutur dia.

Selain itu juga penyaluran sumbangan APD itu juga disalurkan di sejumlah RS di pulau Sumba, seperti Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Kalau di pulau Flores kata dia hanya di RSUD Flores Timur di Kota Larantuka, dan di kabupaten Lembata.

Ia menjelaskan bahwa untuk tahap pertama jumlahnya hanya mencapai 500 unit APD. Hal ini karena kata dia, pada saat itu pihaknya masih sulit mencari APD.

"Bersyukur kali ini sudah banyak yang menyediakan sehingga kami bisa dapatkan dan sumbangkan untuk di NTT," ujar dia.

Baca juga: Presiden Jokowi minta jajaran pemerintah pastikan suplai alat kesehatan

Ia menjelaskan bahwa APD yang disumbangkan itu berupa pakaian, sarung tangan, masker dan alat penutup wajah yang biasa digunakan oleh para perawat dan dokter saat penangganan pasien COVID-19.

Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin yang menerima secara simbolik sumbangan itu memberikan apresiasi kepada JPCC yang sudah menyumbangkan ratusan unit APD tersebut.

"Ini tentu sangat bermanfaat dalam membantu, secara psikologis dimana beban masyarakat sangat berat disebabkan karena wabah COVID-19 ini. Semoga kondisi ini bisa segera diatasi dan kita menggugah semua orang untuk bisa memberikan bantuan sosial," tambah dia.