BMKG Buka Posko Cuaca Angkutan Lebaran

id Cuaca

BMKG Buka Posko Cuaca Angkutan Lebaran

BMKG El Tari Kupang membuka posko cuaca Lebaran 2017 untuk memberikan layanan informasi yang tepat kepada para pemudik. (Foto ANTARA)

"Posko tersebut untuk memberikan pelayanan jasa informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat," kata Ni Putu Nonik Prianti.
Kupang (Antara NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang telah membuka pos cuaca angkutan Lebaran 2017 untuk memberikan layanan informasi cuaca kepada masyarakat.

"Posko tersebut untuk memberikan pelayanan jasa informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang hendak melaksanakan mudik Lebaran", kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, Ni Putu Nonik Prianti kepada Antara di Kupang, Senin.

Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar kesiapan BMKG untuk memberikan pelayanan jasa informasi cuaca bagi angkutan Lebaran 2017 baik angkutan udara, darat dan laut.

Menurut dia, BMKG mempunyai kewajiban untuk menyediakan informasi prakiraan cuaca untuk jalur darat, laut dan udara serta informasi terkait lainnya.

Dengan adanya posko cuaca angkutan Lebaran 2017, masyarakat khususnya pemudik dapat memperoleh informasi prakiraan cuaca dan gelombang di wilayah perairan laut dengan benar, akurat, cepat dan cepat.

"Dari posko Lebaran ini nantinya, kami akan menyampaikan laporan perkembangan cuaca secara detail setiap saat kepada publik," katanya.

Informasi ini juga disampaikan kepada maskapai penerbangan, operator pelayaran dan transportasi darat untuk dijadikan sebagai acuan dalam melakukan operasi, katanya menjelaskan.

Dia berharap, masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran bisa mengatur jadwal perjalanan secara baik, dan menyesuaikan dengan perkembangan cuaca, terutama di wilayah perairan laut.

"Jangan sampai ada yang mau mudik dengan kapal laut, tetapi batal karena kapal tidak bisa berlayar atas alasan gelombang tinggi," katanya. Karena itu, masyarakat harus memanfaatkan setiap perkembangan informasi cuaca dari posko cuaca Lebaran 2017.