Bantu tangani COVID-19, Karpowership Indonesia salurkan APD

id APD, Karpowership, NTT,Kota Kupang

Bantu tangani COVID-19, Karpowership Indonesia salurkan APD

Penyerahan bantuan ADP oleh pihak Karpowership Indonesia kepada PT PLN untuk disalurkan ke setiap RS. (Antara /ho-Karpowership Indonesia)

Kontribusi ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk membantu merawat pasien dan memutus penyebaran COVID-19
Kupang (ANTARA) - Perusahaan kapal listrik PT Karpowership Indonesia (KPI) melalui PT PLN (Persero) memberi donasi berupa 1000 Alat Perlindungan Diri (APD) untuk disumbangkan ke sejumlah rumah sakit untuk penanganan COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Regional Karpowership Indonesia, Mehmet Ufuk Berk kepada ANTARA di Kupang, Selasa (19/5) mengatakan bahwa bantuan APD itu langsung diserahkan langusung kepada pihak PLN untuk kemudian PLN yang akan mendistribusikan ke seluruh PLN wilayah di Indonesia.

"Kontribusi ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk membantu merawat pasien dan memutus penyebaran COVID-19," katanya. 

Bantuan itu disediakan dan diserahkan oleh KPI setelah dalam surat Nomor 0188/KLH.05.03/10400/2020, PT. PLN Persero mengundang perusahaan kapal listrik yang salah satu unitnya ada di NTT itu untuk bekerja sama dalam penyaluran bantuan terhadap tenaga medis di situasi pandemik COVID-19 ini.

Ufuk mengatakan bahwa untuk tahap pertama bantuan yang diberikan hanyalah APD saja, yang jumlahnya mencapai 1.000 paket.

Sementara tahap kedua nanti ujarnya pihak KPI akan menyerahkan mesin ventilator darurat untuk juga diserahkan ke sejumlah rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 itu.

"Untuk saat ini adalah tahap pertama. Nanti tahap kedua akan kami serahkan lagi mesin ventilator. Saat ini sedang dalam proses," tambahnya.

Ufuk menambahkan bahwa pihak KPI sendiri turut prihatin dengan kondisi saat ini yang menyerah seluruh dunia, khususnya Indonesia.

“Kami turut prihatin dengan wabah COVID-19 yang melanda Indonesia. Banyaknya jumlah pasien COVID-19 membuat kami tergerak untuk memberi bantuan yang diperlukan kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19.” ujar dia.

Ufuk berharap dengan bantuan APD yang diberikan itu dapat mengurangi risiko paparan virus bagi tenaga medis, sedangkan ventilator darurat sangat diperlukan rumah sakit dalam membantu pasien COVID-19.

Menurutnya, bantuan tersebut sangat diperlukan kondisi saat ini mengingat kebutuhan masih sangat cukup banyak dalam membantu merawat pasien.

Selain itu terkait penerapan protokol kesehatan di perusahaan itu, Ufuk mengatakan bahwa manajemen Karpowership Indonesia sudah menjalankan protokol kesehatan anti COVID-19 baik di lingkungan kerja kantor pusat maupun seluruh kru yang bertugas mengoperasikan kapal pembangkit listrik Karpowership Indonesia di berbagai wilayah Indonesia.

"Saat ini, protokol kesehatan tersebut telah diterapkan kepada karyawan termasuk kru dan teknisi yang bertugas di kapal dan dipastikan tidak ada yang terjangkit COVID-19," ujar dia.

Baca juga: Polda NTT dapat bantuan APD dan alkes dari warga Tionghoa
Baca juga: Pemkot Kupang terima bantuan APD dari WVI