Kasus positif COVID-19 di NTT terus bertambah jadi 79 orang

id COVID NTT,Kasus COVID-19 terkini di NTT

Kasus positif COVID-19 di NTT terus bertambah jadi 79 orang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. (Antara/ Benny Jahang)

Tiga swab psotif COVID-19 itu berasal dari dua kabupaten di Pulau Flores
Kupang (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah tiga orang sehingga totalnya menjadi 79 orang dari sebelumnya 76 orang.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Rabu (20/5/2020), mengatakan jumlah kasus terkonfirmasi positif terus meningkat sehingga dibutuhkan kewaspadaan semua pihak dalam mencegah penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Ia mengatakan, berdasarkan pemeriksaan terhadap 48 spesimen swab yang dilakukan di laboratorium biologi molekuler PCR, RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang diketahui ada tiga spesimen swab yang positif COVID-19.

Tiga swab psotif COVID-19 itu berasal dari dua kabupaten di Pulau Flores yaitu Kabupaten Manggarai Barat dua orang dan Kabupaten Sikka satu orang. Dua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat merupakan klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Dengan bertambahnya dua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat, maka jumlah kasus positif COVID-19 di kabupaten di jung barat pulau Flores itu menjadi 14 orang dari sebelumnya 12 orang yang merupakan klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Sementara itu tambah Dominikus, satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sikka juga berasal dari kluster Gowa sehingga jumlah pasien yang terpapar COVID-19 di Sikka hingga saat ini mencapai 27 orang.

Ia mengatakan, 79 pasien positif COVID-19 di NTT itu tersebar di 10 kabupaten/kota.

Menurut dia, Kabupaten Sikka merupakan daerah yang saat ini paling tinggi dengan kasus positif COVID-19 dengan jumlah 27 kasus disusul Kota Kupang dengan 18 kasus serta Kabupaten Manggarai Barat 14 kasus positif COVID-19.

Dominikus menambahkan jumlah pasien positif COVID-19 yang sembuh di Nusa Tenggara Timur masih enam orang dan satu pasien positif COVID-19 meninggal dunia yang merupakan transmisi lokal di Kota Kupang. 

Data-data pasien positif COVID-19 di NTT

1. Kota Kupang 18 orang dan enam orang sembuh serta satu meninggal dunia.*
2 Kabupaten Sikka 27 orang
3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang
4. Kabupaten Sumba Timur 7 orang
5. Kabupaten Ende 6 orang
6. Kabupaten Timor Tengah Selatan 2 orang
7. Kabupaten Rote Ndao 2
8. Kabupaten Manggarai 1 orang
9. Kabupaten Flores Timur 1 orang
10. Kabupaten Nagekeo 1 orang
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar