Pangdam Puji Disiplin Satgas Pamtas RI-RDTL

id Pangdam

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak

"Saya kemarin sudah melihat langsung kehidupan para prajurit kita wilayah perbatasan Indonesia-RDTL dan sampai dengan saat ini moril dan disiplin mereka terjaga dengan sangat bagus," kata Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak.
Kupang (Antara NTT) - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak menilai moril dan disiplin dari sejumlah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste bagus walaupun tinggal jauh dari keluarga.

"Saya kemarin sudah melihat langsung kehidupan para prajurit kita wilayah perbatasan Indonesia-RDTL dan sampai dengan saat ini moril dan disiplin mereka terjaga dengan sangat bagus," katanya kepada wartawan di Kupang, Selasa.

Mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat itu pada Senin (5/6) kemarin melakukan kunjungan kerja ke pos perbatasan RI-RDTL di sektor Barat dalam rangka melihat lebih dekat kehidupan para prajurit di kawasan perbatasan tersebut.

Bahkan Pangdam Komaruddin yang baru mengantikan Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko yang saat ini menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, Jawa Timur itu sempat memberikan pengarahan kepada sejumlah prajurit di pos perbatasan Oepoli tengah serta prajurit di Markas Komando Satgas Pamtas sektor barat di Eban.

Ia meyakini bahwa dengan dukungan moril dan disiplin yang baik dari para prajurit maka sejumlah wilayah perbatasan tersebut akan bisa dijaga dengan sangat baik oleh para prajurit tersebut.

"Saya kemarin menyampaikan kepada mereka, saat ini mereka baru kurang lebih tiga bulan di wilayah perbatasan jadi saya harapkan mereka bisa bertugas dengan baik menjaga kawasan perbatasan, dan saya percaya bahwa mereka bisa menjaganya dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan Harapan tersebut juga berlaku bagi seluruh pasukan perbatasan di sektor Timur dan di dua pulau terluar yakni Batek dan pulau Ndana.

Saat ini sektor Barat dijaga oleh Satgas Pamtas dari satuan Yonif 742/Satyawirayudha dari Mataram dan sektor Timur dijaga oleh Satgas pamtas yonif 712/Wiratama Manado.

Terkait fasilitas di sejumlah pos perbatasan RI-RDTL ia mengaku sudah sangat memadai jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Sebab saat ini menurutnya Mabes TNI terus memberikan perhatian kepada pasukan pasukan yang bertugas di wilayah perbatasan baik itu dalam hal material serta fasiltas.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar