Pemeriksaan laboratorium 92 sampel swab di NTT negatif COVID-19

id COVID NTT

Pemeriksaan laboratorium 92 sampel swab di NTT negatif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere (Antara/ Benny Jahang)

Puji Tuhan hari ini sample swab yang baru pertama kali diperiksa semua hasilnya negatif, sehingga hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan 92 sample swab yang diperiksa di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang semuanya negatif dari paparan COVID-19.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Rabu (27/5)

Dikatakannya, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang terhadap 92 sampel swab semua hasilnya negatif dari paparan COVID-19.

"Puji Tuhan hari ini sample swab yang baru pertama kali diperiksa semua hasilnya negatif, sehingga hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT,"tegasnya.

Baca juga: Dishub NTT: Larangan penutupan wilayah perbatasan antardaerah tetap berlaku
Baca juga: Pemkot Kupang lakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga


Kendati demikian kata dia, terdapat 11 swab dari pasien positif COVID-19 yang diperiksa ulang dan hasilnya masih dinyatakan positif COVID-19.

"Ada 11 sample swab yang hasil pemeriksaanya menunjukan reaktif atau positif COVID-19,"tegas Dominikus.

Dia menyebutkan, 92 sampel swab yang diperiksa pada Rabu (27/5/2020) merupakan rujukan dari RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang, RSB Titus Ully, RS Siloam, Rumah Sakit Umum Rara Meha, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Dengan tidak bertambahnya pasien positif COVID-19 maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT masih 85 orang dan sembilan orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

"Sampai saat ini masih terdapat 75 orang yang sedang dalam perawatan medis di sejumlah rumah sakit di 10 kabupaten dan kota di NTT karena terpapar COVID-19,"tegas Dominikus.

Data-data pasien positif COVID-19 di NTT pada 27 Mei 2020

1. Kota Kupang 20 orang dan tujuh orang sembuh serta satu meninggal dunia.

2 Kabupaten Sikka 27 orang

3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang dan dua orang telah dinyatakan sembuh.

4. Kabupaten Sumba Timur delapan orang

5. Kabupaten Ende enam orang

6. Kabupaten Timor Tengah Selatan tiga orang

7. Kabupaten Nagekeo tiga orang

8. Kabupaten Rote Ndao dua orang

9. Kabupaten Manggarai satu orang

10.Kabupaten Flores Timur satu orang