Gubernur NTT Dukung "Triangle"

id Segi tiga emas

Kupang, (Antara NTT) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mendukung perjuangan Kadin NTT untuk menjadikan wilayah ini sebagai kawasan segi tiga emas (triangle) yang meliputi Kupang, Darwin dan Dili.

"Pemerintah memberi dukungan penuh atas perjuangan tersebut, tetapi saya minta Kadin NTT untuk mulai melakukan persiapan di lapangan," ," kata Gubernur Lebu Raya, di Kupang, Senin (26/11).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTT Abraham Paul Lyanto mengatakan perjuangan untuk menjadikan NTT sebagai "triangle" tidak bisa berjalan karena tidak mendapat dukungan dari pemerintah.

Menurut dia, perjuangan ini bisa membuahkan hasil dan memberi dampak ekonomi bagi daerah ini, karena berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia.

Ia mengatakan untuk menggapai impian tersebut perlu ada kebijakan khusus dari pemerintah pusat seperti yang diberlakukan untuk Singapura, Johor dan Riau. 

"Kita bisa ekspor semen, mangan, kakao, coklat, kopi dan ikan ke Australia, khususnya ke Darwin, Australia Utara. Dari sana, kita mendapatkan bahan-bahan konstruksi seperti baja steel stenlis, alumnium baja untuk konstruksi jembatan dan lainnya," ujarnya.

Gubernur meminta Kadin NTT untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan rencana menjadikan NTT sebagai "triangle" dan pemerintah pada prinsipnya mendukung perjuangan tersebut.