Persiapan Pelangi Nusantara 2020 di Ende capai 80 persen

id Pelangi nusantara, NTT,kota Kupang,pelangi nusantara 2020

Persiapan Pelangi Nusantara 2020 di Ende capai 80 persen

Komandan Lanud EL Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko. (Antara Foto/ Kornelis Kaha)

Pada Selasa (4/8) kemarin pesawat kami Hercules sudah mendarat di sana dan membawa sejumlah bantuan sosial seberat tujuh ton dan nanti dalam waktu dekat akan ada pendistribusian lagi sejumlah bantuan sosial lainnya
Kupang (ANTARA) - Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko mengatakan bahwa hingga saat ini persiapan menyambut pelaksanaan "Pelangi Nusantara 2020" di Kabupaten Ende sudah mencapai 80 persen dan dalam beberapa pekan ke depan sudah bisa 100 persen.

"Pada Selasa (4/8) kemarin pesawat kami Hercules sudah mendarat di sana dan membawa sejumlah bantuan sosial seberat tujuh ton dan nanti dalam waktu dekat akan ada pendistribusian lagi sejumlah bantuan sosial lainnya," katanya pada Rabu, (5/8).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan persiapan dari TNI AU bersinergi dengan Pemerintah Daerah Ende dalam menyambut pelaksanaan Pelangi Nusantara 2020.

Baca juga: Lanud El Tari gelar Sarasehan bangun sinergitas TNI-pemda

Komandan yang baru berada di Kupang kurang lebih tiga pekan itu mengatakan bahwa nantinya juga sejumlah bantuan lain akan menyusul bersamaan dengan pesawat Hercules dan pesawat CN 295 milik TNI AU.

Pesawat-pesawat itu tidak hanya membahwa bantuan sosial, tetapi juga membawa sejumlah atlet dan membawa berbagai kebutuhan untuk menunjang olahraga dirgantara.

"Kemarin saat tiba di bandara Ende, masyarakat di sana langsung membuat syukuran karena dalam sejarah lahirnya kabupaten Ende baru pertama kali ini ada pesawat hercules mendarat di kabupaten itu," ujar dia.

Lebih nantinya akan ada peresmian lokasi olahraga paralayang yang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan juga Gubernur NTT Viktor B Laiskodat.

Saat peresmian juga kata dia, akan ada dua putra daerah Ende sebagai pilot paralayang yang mana keduanya juga akan diarak keliling kota Ende serta akan ada berbagai hiburan lain.

Selain pelaksanaan atraksi paralayang, Bambang juga mengatakan bahwa sebagai bagian dari menjalin sinergitas dengan pemda setempat akan ada juga festival danau tiga warna Kelimutu.

Baca juga: TNI-Polri gelar simulasi pengamanan KTT G-20 di Labuan Bajo

"Jadi semua kegiatan itu bagian dari program sosialisasi agar masyarakat paham bagaimana program TNI AU itu sendiri yang dikombinasikan dengan program-program pemerintah daerah," ujar dia.

Terkait lokasi atau spot paralayang sendiri kata dia, NTT sendiri mempunyai potensi yang sangat besar untuk pengembangan lokasi paralayang. Hal ini bisa membantu menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar