Ratusan Taruna AL latihan Jalasesya tiba di Kupang

id Taruna, TNI AL,Kota Kupang

Ratusan Taruna AL latihan Jalasesya tiba di Kupang

Sejumlah taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) berbaris di samping KRI Makassar saat tiba di Dermaga Markas Komando Lantamal VII Kupang, NTT, Senin (19/10/2020). Kedatangan 116 taruna AAL itu bagian dari rangkaian latihan Jalasesya yang berlangsung selama 12 hari dengan rute pelayaran Surabaya-Mamuju-Kupang-Surabaya.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Selama masa latihan para taruna mengimplementasikan ilmu dasar kepelautan untuk mereka bisa mempersiapkan diri untuk menjadi perwira-perwira Angkatan Laut yang memiliki karakter kebahariandan kepelautan yang handal
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 116 Taruna tingkat dua TNI Angkatan Laut (AL) tiba di dermaga markas Lantamal VII Kupang dalam rangka menjalankan latihan bersama yang dinamakan dengan latihan Jalasesya.

Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa kepada wartawan di Kupang, Senin, (19/20) mengatakan latihan Jalasesya itu dilakukan dengan berlayar menggunakan KRI Makassar 590 dan akan berlangsung selama 12 hari penuh.

"Selama masa latihan para taruna mengimplementasikan ilmu dasar kepelautan untuk mereka bisa mempersiapkan diri untuk menjadi perwira-perwira Angkatan Laut yang memiliki karakter kebahariandan kepelautan yang handal." katanya.

Kompiang mengatakan pada latihan Jalasesya beberapa hal yang dilatihkan adalah berkaitan dengan korp laut, korp teknik, elektro, suplai dan marinir seperti yang didapat saat masih berada di kampus.

Ia menjelaskan bahwa rute pelayaran dari para taruna itu sendiri dimulai dari Surabaya kemudian ke Mamuju kemudian ke Kupang, lalu dari Kupang kembali berlayar menuju ke Surabaya.

Orang nomor satu di Lantamal VII Kupang itu mengatakan bahwa dengan menyinggahi Kupang, maka ratusan taruna itu dapat mengetahui karakteristik di NTT, khusus di Kota Kupang sendiri.

Selain itu juga kehadiran mereka juga untuk mempelajari peran pangkalan TNI AL di wilayah NTT khususnya di Kota Kupang itu yang mempunyai peran memberikan logistik kepada satuan-satuan baik kepada TNI AL, AD maupun ke AU.

Ia juga mengatakan bahwa gubernur NTT VIktor B Laiskodat juga sangat antusias menerima kedatangan para taruna itu, dengan hadir langsung melihat kedatangan para taruna itu.

Lebih lanjut Gubernur NTT Viktor B Laiskodat mengapresiasai dan menyampaikan terima kasih kepada kepala staf TNI AL yang memasukan NTT dalam daftar lokasi pelatihan Jalesesya.

"Sebagai gubernur NTT saya sampaikan selamat datang kepada para taruna dan selamat menikmati karakteristik NTT yang sangat eksotik ini," ujar dia.

Baca juga: TNI-AL tangkap lagi nelayan pengebom ikan di Flores Timur

Baca juga: Kegiatan ekspedisi kas keliling BI-TNI AL mendapat apresiasi dari Manggarai Barat


Orang nomor satu di NTT itu juga menambahkan bahwa kehadiran KRI Makassar menambah perspektif kita untuk bagaimana menambah suatu saat provinsi ini mempunyai kapal sebagus ini sehingga mampu berlayar dengan tenang di perairan NTT ini.

Ia juga menyampaikan kebanggaannya karena ada seorang taruna dari Kabupaten Rote Ndao yang juga ikut dalam latihan Jalasesya.