Poltekes Kupang gelar pengobatan gratis bagi lansia

id NTT,Poltekes,Kemenkes,Kupang,pengobatan,lansia

Poltekes Kupang gelar pengobatan gratis bagi lansia

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pengobatan dan pemeriksaan gratis bagi lansia, Supriati Wila Djami (kiri) sedang melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang lansia yang ikut dalam kegiatan bakti sosial itu di Kupang, NTT. Jumat (5/11/2020). (FOTO ANTARA/Poltekes Kemenkes Kupang)

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan salah satu langkah peduli dari Poltekes Kemenkes Kupang terhadap kesehatan masyarakat terutama bagi kelompok lansia dan ibu-ibu di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Sejumlah dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Polteknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Kupang memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap 75 orang warga lanjut usia (lansia) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan salah satu langkah peduli dari Poltekes Kemenkes Kupang terhadap kesehatan masyarakat terutama bagi kelompok lansia dan ibu-ibu di Kota Kupang," kata Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pengobatan dan pemeriksaan gratis bagi lansia, Supriati Wila Djami di Kupang, Senin, (9/11).

Kegiatan yang berlangsung di Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Jumat (5/11) itu berupa pemeriksaan tekanan darah dan pengendalian hipertensi serta pemeriksaan hemoglobin bagi ibu-ibu dan warga lansia.

Baca juga: 10.000 warga Lansia dapat kacamata gratis

Ia menjelaskan, hipertensi atau secara awam disebut tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan global, termasuk di Indonesia karena prevalensinya tinggi.

Hipertensi, kata dia, tidak memberikan keluhan dan gejala yang khas sehingga banyak penderita tidak menyadarinya menderita darah tinggi sehingga perlu dilakukan deteksi dini.

"Apabila tidak dilakukan pencegahan serta pengobatan yang benar maka dapat berdampak buruk bagi pasien yang menderita hipertensi sehingga perlu dilakukan berbagai upaya melakukan pencegahan secara dini melalui pemeriksaan tekanan darah secara rutin," katanya.

Dia mengatakan selain pemeriksaan tekanan darah dan pengendalian hipertensi juga dilakukan pemeriksaan hemoglobin pada kelompok ibu-ibu.

Kegiatan bakti sosial yang didukung pemerintah Kelurahan Lasiana serta unsur TNI/Polri, juga melakukan pembagian masker, face shield gratis serta pembagian buah-buahan segar pada kelompok ibu-ibu di Kelurahan Lasiana, Kota kupang.

Baca juga: Pemkot Kupang bedah rumah warga lansia

"Pembagian masker dan Face shiled merupakan bentuk dukungan Poltekes Kemenkes Kupang dalam mencegah penyebaran COVID-19, apalagi kasus COVID-19 dari transmisi lokal di Kota Kupang terus meningkat," katanya.

Selama kegiatan berlangsung tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun bagi semua peserta dalam kegiatan itu, demikian Supriati Wila Djami.