Telkomsel hadirkan jaringan 4G di Pulau Ndao wilayah terselatan NKRI

id NTT,Kabupaten Rote Ndao,Pulau Ndao,Telkomsel,Jaringan 4G

Telkomsel hadirkan jaringan 4G di Pulau Ndao wilayah terselatan NKRI

Sebuah tower jaringan 4G LTE yang dibangun Telkomsel di Pulau Ndao, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang merupakan kabupaten terselatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (ANTARA/HO-Humas Telkomsel Area Jawa Bali)

Kehadiran layanan 4G ini untuk mempermudah masyarakat di Pulau Ndao yang dihuni sekitar 4.000 orang dalam mengakses jaringan telekomunikasi dengan teknologi terdepan untuk menujang berbagai kebutuhan

Kupang (ANTARA) - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menghadirkan jaringan komunikasi seluler berteknologi 4G di Pulau Ndao, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang merupakan wilayah kabupaten terselatan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Jawa Bali, Samuel Pasaribu, dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu, menjelaskan kehadiran layanan 4G itu ditandai dengan beroperasikan tower berteknologi terdepan 4G LTE di Pulau Ndao pada Sabtu (14/11).

“Kehadiran layanan 4G ini untuk mempermudah masyarakat di Pulau Ndao yang dihuni sekitar 4.000 orang dalam mengakses jaringan telekomunikasi dengan teknologi terdepan untuk menujang berbagai kebutuhan,” katanya.

Samuel menjelaskan, sebelumnya, masyarakat di Pulau Ndao diketahui hanya bisa mengakses jaringan seluler pada tempat-tempat tertentu saja. Bahkan tidak jarang masyarakat harus pergi ke wilayah di pesisir pantai agar bisa mendapatkan signal yang lebih baik, katanya.

“Kini warga tidak lagi kesulitan untuk mencari sinyal. Telkomsel akhirnya mengoperasikan BTS dengan teknologi 4G guna memastikan perluasan jangkauan dan pemerataan akses telekomunikasi berbasis broadband di pulau itu,” katanya.

Ia mengatakan, beroperasinya jaringan 4G di wilayah terselatan Indonesia ini sebagai bagian dari wujud komitmen Telkomsel dalam menghadirkan layanan telekomunikasi dengan teknologi terkini yang sama di seluruh wilayah Indonesia.

Samuel berharap, beroperasinya jaringan 4G ini dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Pulau Ndao yang umumnya bekerja sebagai petani dan nelayan maupun pengrajin tenun ikat, emas, dan perak.

“Hadirnya 4G tentunya memberikan akses internet cepat kepada masyarakat yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan hasil tangkapan ikan, rumput laut, maupun meningkatkan pendidikan bagi pelajar dan sekolah.” tutup Samuel.

Baca juga: Telkomsel hadirkan jaringan 4G di Oepoli

Samuel menambahkan, selain itu akses jaringan ini juga dapat membuka potensi pariwisata di daerah setempat agar semakin dikenal secara luas karena Pulau Ndao juga menyimpan berbagai spot wisata yang indah.

Baca juga: Telkomsel operasikan 170-an unit BTS USO 4G di NTB dan NTT

“Pemerintah daerah dan masyarakat akan lebih mudah mempromosikan dan menjual potensi wisata untuk menarik kunjungan wisatawan,” katanya.

Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar