Semua TPS disiapkan sesuai protokol kesehatan

id pilkada ntt,tps,pilkada serentak ntt 2020

Semua TPS disiapkan sesuai protokol kesehatan

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu (ANTARA/Bernadus Tokan)

Berkaitan dengan pemungutan dan perhitungan suara di TPS, KPU akan menyiapkannya sesuai dengan protokol kesehatan untuk menjamin keamanan dan bebas dari COVID-19
Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Dohu mengatakan, semua tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada Serentak 2020 disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan untuk menjamin keamanan pemilih dan penyelenggara dari COVID-19.

"Berkaitan dengan pemungutan dan perhitungan suara di TPS, KPU akan menyiapkannya sesuai dengan protokol kesehatan untuk menjamin keamanan dan bebas dari COVID-19," kata Thomas Dohu kepada ANTARA di Kupang, Senin (23/11).


Dia mengemukakan hal itu, berkaitan kesiapan KPU untuk memberikan jaminan keamanan dan kesehatan bagi pemilih dan penyelenggara pada saat berlangsungnya pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

Baca juga: Surat suara Pilkada 2020 di Belu dan Malaka belum tiba
Baca juga: KPU Belu pastikan penerapan prokes di TPS secara ketat


Menurut dia, ada beberapa hal yang disiapkan, misalnya dari sisi ukuran TPS jadi sudah diperluas pada tahun ini menjadi 8 x 10 meter.

Selain itu, di dalam TPS itu juga sudah disiapkan bilik khusus untuk pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,30 celsius.

Artinya, dari segi TPS sendiri disiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi pemilih dalam menggunakan hak suara, dan juga penyelenggara untuk mencegah penyebaran COVID-19, katanya menjelaskan.

Pada tahun 2020, di Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten.

Sembilan kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada tahun 2020 di NTT adalah Kabupaten Belu, Malaka, Timur Tengah Utara (TTU), Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur. 



 
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar