Merah Putih Berkibar di Pulau Tikus

id Pulau Tikus

Merah Putih Berkibar di Pulau Tikus

Warga Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT bersama unsur pemerintah setempat mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Tikus, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di bibir pantai Sulamu, Kamis (17/8) bertepatan dengan peringatan HUT ke-72 Kemerde

"Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan gagasan Pemerintah Kecamatan Sulamu, Polsek Sulamu dan Danramil 1604/09 Kupang dalam rangka memperingati HUT ke-72 Indonesia," kata Stefanus Baha.
Kupang (Antara NTT) - Masyarakat Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan pengibaran bendera Merah Putih di Pulau Tikus sebagai wujud pengakuan kedalauatan Negara terhadap pulau yang tidak berpenghuni itu.

"Pengibaran Bendera Merah Putih merupakan gagasan Pemerintah Kecamatan Sulamu, Polsek Sulamu dan Danramil 1604/09 Kupang dalam rangka memperingati HUT ke-72 Indonesia," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang Stefanus Baha di Oelamasi, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Tikus itu berlangsung, Kamis (17/8) diikuti 40 orang terdiri dari anggota Polri, TNI, anggota Bhayangkari, serta pegawai Kecamatan Sulamu.

Pulau Tikus masuk dalam wilayah Desa Sulamu, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang yang berada di timur laut Teluk Kupang, sejak lama pulau itu tidak berpenghuni.

Namun Pulau Tikus memiliki pantai yang indah karena terdapat hamparan pasir putih dengan laut yang bersih.

Baha menjelaskan, pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Tikus dilakukan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 serta bertujuan untuk menjaga kedalautan negara ini.

"Memang ada beberapa pulau kecil di daerah itu yang tidak berpenghuni. Pengibaran Bendara Merah Putih selain dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 juga sebagai wujud pengakuan negara terhadap keberadaan pulau tidak berpenghuni agar tidak mudah diklaim pihak tertentu," kata Baha.

Danramil 1604/09 Kupang, Kapten Camilos da Santos mengatakan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Tikus menunjukan adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa di daerah ini yang terpatri lewat pengibaran Bendera Merah Putih di pulau itu.

"Pulau Tikus ini masih sangat alami sehingga pantai yang indah masih sangat bersih. Pulau ini sangat indah kalau dijadikan sebagai objek wisata," ujarnya.

Camat Sulamu, Adrial S Abineno mengatakan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih ini dilakukan sebagai wujud nyata kepedualian masyarakat di Kecamatan Sulamu dalam menjaga eksistensi keutuhan wilayah NKRI.