NTT tuan rumah malam Anugerah Pesona Indonesia 2020

id anugerah pesona indonesia,api 2020,tuan rumah api,ntt

NTT  tuan rumah malam Anugerah Pesona Indonesia 2020

Objek wiasata Pulau Pasir di Dusun Mekko, Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, NTT, yang merupakan salah satu dari delapan destinasi wisata NTT yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 dengan kategori wisata air. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Tidak hanya delapan destinasi wisata NTT yang masuk nominasi API 2020 saja yang akan kita perkenalkan tetapi segala keindahan keindahan alam dan budaya secara menyeluruh
Kupang (ANTARA) - Nusa Tenggara Timur (NTT) ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang direncanakan akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada pekan ketiga Februari 2020 mendatang.

Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTT Rocky Pekudjawang di Kupang, Rabu, (6/1) mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT menyambut kepercayaan sebagai tuan rumah malam API 2020 karena ini menjadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan berbagai produk pariwisata NTT.

"Tidak hanya delapan destinasi wisata NTT yang masuk nominasi API 2020 saja yang akan kita perkenalkan tetapi segala keindahan keindahan alam dan budaya secara menyeluruh," katanya.

Baca juga: Pemprov NTT kembangkan kawasan tanaman buah dukung pariwisata estate

Ia mengatakan malam API 2020 akan dihadiri berbagai kalangan, di antaranya perwakilan dari seluruh destinasi di Tanah Air yang masuk nominasi API 2020, para pegiat pariwisata, pelaku industri wisata, kementerian, serta para kepala daerah, dan sebagainya.

Untuk itu momentum ini, kata dia, menjadi kesempatan berharga bagi NTT untuk memperkenalkan berbagai kekayaan pariwisata NTT guna menarik lebih banyak minat kunjungan wisatawan maupun investasi di provinsi tersebut.

NTT sendiri memiliki delapan destinasi wisata yang masuk nominasi API 2020 di antaranya makanan tradisional Daging Se'i dan Sentra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang. Selain itu island hopping Pulau Meko di Kabupaten Flores Timur, dataran tinggi Fulan Fehan di Kabupaten Belu, Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua, Pulau Semau di Kabupaten Kupang, Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, situs sejarah Liang Bua Ruteng di Kabupaten Manggarai.

Baca juga: BOPLBF optimis sektor pariwisata bangkit di tahun 2021

Sejak awal pihaknya betul-betul mengawal proses terpilihnya delapan destinasi tersebut. "Kita juga berharap delapan destinasi pariwisata ini bisa menjadi juara di malam API 2020," katanya.

Pihaknya juga berharap agar para kepala daerah se-NTT terus membenahi potensi pariwisata di daerah masing-masing khususnya dari aspek 5A (Atraksi, Aktivitas, Aksesibilitas, Akomodasi, Amenitas) yang sering disampaikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.