Pemerintah NTT imbau warga tak perlu takut vaksin COVID-19

id COVID, vaksin,ntt,sinovac

Pemerintah NTT imbau warga tak perlu takut vaksin COVID-19

Sejumlah personel TNI AU Lanud El Tari Kupang mengawal ketat kedatangan tujuh koli vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT Selasa (5/1/2021). Sebanyak 13.200 dosis vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama untuk NTT itu diperuntukan bagi 6.600 tenaga kesehatan di provinsi itu . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Vaksin inikan sudah diuji klinis lagi di Jakarta oleh BPOM, oleh karena itu kami minta masyarakat tidak perlu khawatir atau takut dengan vaksin itu
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengimbau masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu untuk tidak takut jika nama mereka masuk dalam daftar penerima vaksin COVID-19 Sinovac sebab vaksin tersebut aman untuk digunakan.

"Vaksin inikan sudah diuji klinis lagi di Jakarta oleh BPOM, oleh karena itu kami minta masyarakat tidak perlu khawatir atau takut dengan vaksin itu," kata Karo Humas Pemprov NTT Marius A Jelamu di Kupang, Kamis, (7/1).

Mantan Kadis Pariwisata NTT itu mengatakan bahwa tidak mungkin pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo akan mencelakai warganya di seluruh Indonesia.

Tentunya, ujar dia, pemerintah sendiri sebelum memesan vaksin itu sudah terlebih dahulu menelusuri keakuratan vaksin tersebut. Bahkan juga sebelum disuntikan juga vaksin itu sudah dilakukan uji klinis di Jakarta.

"Masyarakat tak perlu takut dengan hal itu dan menunggu harus gubernur NTT yang pertama yang menggunakan vaksin itu," tambah dia.

Karena saat ini vaksin tersebut masih kurang karena untuk NTT hanya terima 13.200 dosis vaksin dan akan divaksinkan ke 6.600 tenaga kesehatan yang tersebar di 22 kabupaten kota se-NTT.

Terkait vaksinisasi itu, Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni juga mengimbau agar pemerintah NTT harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa merasa aman.

Baca juga: Gubernur NTT disebut akan membeli vaksin COVID-19 sendiri

Baca juga: Vaksin COVID-19 tiba di Kupang


Menurut dia saat ini banyak pemberitaan yang membuat masyarakat takut dengan keberadaan vaksin itu dan ada yang berusaha untuk menolaknya. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan sebelum vaksin mulai digunakan pemerintah daerah perlu lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat

Menurut dia, pemahaman masyarakat pada umumnya itu berbeda-beda khususnya di NTT, sehingga pemerintah daerah perlu memberikan pemahaman bahwa vaksin itu baik. Dengan demikian, secara psikologis masyarakat merasa aman dan nyaman saat disuntik vaksin itu.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar