NTT gelar simulasi vaksinasi COVID-19

id covid-19. NTT, KOTA kupang,ntt,vaksin

NTT gelar simulasi vaksinasi COVID-19

Ilustrasi - Sejumlah personel TNI AU Lanud El Tari Kupang bersama dengan petugas Avsec bandara mengawal ketat kedatangan tujuh koli vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT, Selasa (5/1/2021). ANTARA/Kornelis Kaha

Kalau ada yang bergejala berat akan langsung dilarikan ke rumah sakit, karena itu kita siapkan juga ambulans di lokasi vaksinasi. Jadi akan ada dua ambulans besok
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan simulasi vaksinasi COVID-19, satu hari jelang pelaksanaan vaksin bagi pejabat publik dan tenaga kesehatan di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Pelaksanaan simulasi vaksinasi dilakukan di halaman kantor gubernur Nusa Tenggara Timur, Rabu, (13/1) siang dengan mendirikan lima unit tenda yang masing-masingt erdiri dari tenda pemeriksaan suhu dan tekanan darah, skrining, vaksinasi, dan tindakan pascavaksinasi.

Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, Stefanus Soka kepada wartawan di Kupang mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi vaksinasi dilakukan sebanyak tiga kali.

Baca juga: Ribuan nakes dan 20 pejabat publik di Kupang terima vaksin COVID-19

Mulai dari warga yang tidak timbul gejala pascavaksinisasi, bergejala berat dan bergejala ringan. Pihaknya juga sudah menyiapkan mobil ambulans di dekat lokasi vaksin dengan tujuan mengantisipasi jika ada warga yang bergejala berat.

"Kalau ada yang bergejala berat akan langsung dilarikan ke rumah sakit, karena itu kita siapkan juga ambulans di lokasi vaksinasi. Jadi akan ada dua ambulans besok,",tambah dia.

Sementara itu Kadis Kesehatan NTT Messerassi Ataupah mengatakan bahwa Pemerintah Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Kesehatan NTT sudah sudah mendistribusikan vaksin COVID-19 ke Kabupaten Kupang dan Kota Kupang untuk program vaksinasi kepada 20 pejabat dan 5.032 tenaga kesehatan di dua daerah itu.

"Untuk distribusi vaksin COVID-19 terlebih dahulu ke Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan jumlah dosis vaksin yang didistribusikan mencapai 10.560 dosis vaksin," katanya.

Ia merincikan untuk Kabupaten Kupang jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin tersebut mencapai 1.558 orang. Selain itu juga diberikan kepada 10 orang pejabat publik.

Kemudian untuk Kota Kupang sendiri jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin Sinovac itu mencapai 3.474 orang dan juga 10 pejabat publik di kota Kupang.

Baca juga: Vaksinator sebut Vaksin berhasil disuntikan ke Presiden tanpa rasa sakit

"Jadi total tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin tahap pertama di dua Kabupaten/kota itu mencapai 5.032 orang dan 20 pejabat publik di dua kabupaten/kota itu," tambah dia.

Ia menambahkan jumlah total 10.560 dosis vaksin itu nantinya akan disuntikkan dua kali. Yang mana masing-masing penerima akan mendapatkan dua kali dosis vaksin COVID-19.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar