Dua rumah warga Rote Ndao rusak diterjang angin puting beliung

id NTT, Kabupaten Rote Ndao, Angin puting beliung

Dua rumah warga Rote Ndao rusak diterjang angin puting beliung

Petugas BPBD Kabupaten Rote Ndao saat memperlihatkan rumah warga Desa Oebelo, Kecamatan Loaholu, yang rusak tertimpah pohon yang tumbang akibat angin puting beliung yang melanda wilayah itu pada Rabu (13/1/2021). ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Rote Ndao

Ada dua rumah warga yang rusak berat berupa atap terangkat dan tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung
Kupang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, mencatat ada dua rumah warga Desa Oebelo, Kecamatan Loaholu mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu (13/1).

"Ada dua rumah warga yang rusak berat berupa atap terangkat dan tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Rote Ndao Diksel Haning dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis, (14/1).

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin puting beliung melanda wilayah setempat pada Rabu sekitar pukul 12.15 WITA.

Cuaca ekstrim itu mengakibatkan beberapa pohon tumbang hingga menerjang salah satu rumah warga di Desa Oebelo.

Sementara satu rumah warga lain di desa itu juga mengalami kerusakan berat berupa atap rumah yang terangkat akibat angin puting beliung.

"Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun hanya kerusakan materi," katanya.

Hasil Ia mengatakan pihaknya telah mendata dampak kerugian akibat angin puting beliung di antaranya seng dan kayu balok pada atap rumah yang rusak dengan total kerugian sekitar Rp6 juta.

Baca juga: Disambar petir, warga Rote Ndao tewas dengan tubuh penuh luka

Baca juga: Produksi rumput laut NTT capai 1,8 juta ton per tahun


Sementara itu kepada keluarga terdampak juga diberikan bantuan darurat berupa logistik serta menutup sementara atap rumah yang rusak.

Diksel menambahkan dalam penyerahan bantuan darurat pihaknya juga sekaligus mesosialisasikan kepada masyarakat terkait mitigasi bencana angin puting beliung maupun ancaman bencana lain saat musim hujan.