Vaksin COVID tahap dua tiba di Kupang

id COVID-19, NTT, Kota Kupang

Vaksin COVID tahap dua tiba di Kupang

Sejumlah anggota TNI AU Lanud El Tari Kupang mengawal kedatangan vaksin COVID-19 yang baru tiba di Bandara El Tari Kupang Kota Kupang, NTT, Jumat (22/01/2021). ANTARA/Kornelis Kaha.

Tahap kedua yang datang ini ada 29 koli dengan 55.520 dosis dan akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan serta TNI, Polri dan petugas pelayanan publik yang ada di NTT ini
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 55.520 dosis vaksin COVID-19 tahap dua tiba di bandara El Tari Kupang yang diangkut oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang kemudian akan dikirim ke 22 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan NTT Emma Simanjuntak kepada ANTARA saat ditemui di Kargo Bandara El Tari Kupang, Jumat, (22/1) mengatakan puluhan ribu vaksin itu masih tetap diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang berada di 22 kabupaten/kota di NTT.

"Jadi tahap kedua yang datang ini ada 29 koli. Sementara jumlah dosisnya mencapai 55.520 dosis dan akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan serta TNI, Polri dan petugas pelayanan publik yang ada di NTT ini," katanya.

Emma menambahkan untuk alokasi ke setiap kabupaten di NTT, ujar dia masih dirapatkan dan kemungkinan keputusan distribusi ke kabupaten-kabupaten masih menunggu keputusan dari Kemenkes.

Karena memang soal vaksin COVID-19 itu Kemenkes akan mengirimkan alokasi pengirimannya baru kemudian Dinkes Provinsi mulai mengalokasikan ke daerah-daerah di NTT.

"Saat ini baru dua kabupaten kota yang mendapatkan kiriman vaksin, yakni kota Kupang dan Kabupaten Kupang, sementara lainnya masih menunggu instruksi dari Kemenkes," tambah dia.

Lebih lanjut kata dia, saat ini untuk data jumlah tenaga kesehatan yang sudah divaksin mencapai 3.000an namun ujar dia angka pastinya perlu dicek lagi. Namun yang pasti penerimaan vaksin bagi nakes sudah dilakukan sejak Senin (18/1) lalu di kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Lebih lanjut kata dia setiap kabupaten/kota di NTT tentunya sudah pasti memiliki tempat penyimpanan vaksin dengan suhu 2-8 derajat celsius. Oleh karena itu ujar dia tidak ada alasan pemda kabupaten kota tidak menerimanya.

Dengan kedatangan vaksin tahap dua itu maka, kini jumlah vaksin COVID-19 buat NTT sudah mencapai 68.720 dosis vaksin untuk 33 ribu tenaga kesehatan dan sisanya untuk petugas pelayanan publik.

Pantauan ANTARA, kedatangan vaksin COVID-19 tahap 2 dikawal ketat oleh anggota TNI AU Lanud El Tari Kupang, mulai dari saat diturunkan dari atas pesawat sampai saat diserahkan ke Dinas Kesehatan NTT.

Baca juga: 1.114 nakes di Kota Kupang mulai vaksin tahap pertama

Baca juga: Epidemiolog: Orang yang sudah divaksin harus tetap jaga 3 M


Pengawalan juga dilakukan oleh personel Brimob Polda NTT bersenjata lengkap saat menuju ke tempat penyimpanan di laboratorium milik dinas kesehatan.