Heribertus Nabit jadi bupati terpilih Manggarai

id NTT,Kabupaten Manggarai,KPU Manggarai,Pilkada 2020,Pilkada Manggarai

Heribertus Nabit jadi bupati terpilih Manggarai

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Thomas Aquino Hartono (ketiga kanan) bersama jajarannya saat menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pemilihan bupati dan wakil bupati Manggarai tahun 2020 di Ruteng, Sabtu (23/1/2021). (ANTARA/HO-KPU Kabupaten Manggarai)

Pasangan ini mengungguli pasangan nomor urut 1 Kamilus Deno dan Viktor Madur yang memperoleh 67.354 suara atau 39,34 persen
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menetapkan pasangan calon Heribertus Nabit dan Heribertus Ngabut sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2020 di kabupaten itu.

"Penetapan Heribertus Nabit dan Herbertus Ngabut sebagai bupati-wakil bupati terpilih dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang kami gelar pada Sabtu (23/1)," kata ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono ketika dihubungi dari Kupang, Senin, (25/1).

Pasangan nomor urut 2 Heribertus Nabit dan Herbertus Ngabut unggul dalam Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Manggarai dengan perolehan 103.872 suara atau 60,66 persen.

Pasangan ini mengungguli pasangan nomor urut 1 Kamilus Deno dan Viktor Madur yang memperoleh 67.354 suara atau 39,34 persen.

Thomas Aquino mengatakan dalam pelaksanaan pilkada di daerah setempat tidak ada pasangan calon yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi.

Ia mengapresiasi dukungan berbagai pihak yang membuat pelaksanaan pilkada di daerah itu berjalan aman dan lancar.

"Pilkada Manggarai berjalan sukses meskipun di tengah pandemi COVID-19 dan tidak ada klaster baru penyebaran COVID-19 dalam pilkada," katanya.

Selain itu, lanjutnya, tingkat partisipasi pemilih juga meningkat mencapai 78,6 persen dibandingkan Pilkada 2015 sebesar 77,7 persen.

Baca juga: MK registrasi empat permohonan sengketa pilkada NTT
Baca juga: KPU Sumba Barat tetapkan Jhon-Jhon menang Pilkada 2020


"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya menyukseskan berbagai tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 di Manggarai," katanya.