127 Desa di Manggarai Barat Belum Berlistrik

id PLN

General Manajer PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Christyono. (Foto ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Sebanyak 127 dari 169 desa di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, hingga saat ini belum teraliri listrik.
Kupang (Antara NTT) - Sebanyak 127 dari 169 desa di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, hingga saat ini belum teraliri listrik, sehingga menyebabkan rasio elektifikasi di kabupaten paling barat Pulai Flores itu masih rendah atau baru sekitar 30 persen.

General Manager PT PLN Wilayah NTT Christyono di Kupang, Rabu, (13/9) mengatakan,  PLN telah dimandatkan untuk mempercepat pembangunan kelistrikan di daerah yang terkenal dengan destinasi wisata Taman Nasional Komodo itu.

Christyono mengakui, untuk kebutuhan daya listrik di Kota Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat sendiri sudah sangat cukup dengan total daya mampu 10 MW (megawatt) dengan beban puncak antara 6-7 MW.

Dalam 2017, katanya, akan dikerjakan pembangunan listrik sebanyak 46 desa yang sudah masuk dalam daftar kotrak, sementara sisanya akan dituntaskan pada 2018. "Untuk itu tugas yang sedang kami kerjakan saat ini yaitu membangun dan memperbaiki sisi penyaluran listrik hingga ke desa-desa di sana," katanya.

Selain itu, PLN juga sedang membangun pembangkit listrik baru bertenaga mesin gas (PLTMG) dengan kapasitas 2x10 MW di Desa Ranggo, Kabupaten Manggarai Barat.

Ia mengakui, pemerintah daerah setempat telah memberikan dukungan penuh kepada PLN untuk mempercepat pembangunan kelistrikannya, mengingat pertumbuhan ekonomi yang terus menggeliat karena didukung sektor pariwisata Pulau Komodo yang menjadi salah satu destinasi unggulan nasional.

"Kalau untuk sektor-sektor urgen seperti hotel-hotel, pelabuhan, bandara, rumah sakit, parkantoran, dan lainnya di Kota Labuan Bajo sudah aman tinggal diperkuat, sementara listrik di desa-desa ini yang harus kami kerjakan secara bertahap," katanya.

Sementara itu, kebutuhan listrik untum Pulau-pulau kecil yang menjadi destinasi wisata unggulan seperti Pulau Bidadari, Rinca, dan Komodo telah dilengkapi dengan mesin genset yang disiagakan PLN.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar