Dokter Spesialis Jantung Ikut "Tour de Timor"

id Tour de Timor

Dokter Spesialis Jantung Ikut "Tour de Timor"

Pebalap mendapat sambutan dengan tarian adat usai memasuki finish pada etape pertama Tour de Flores dari Larantuka menuju Maumere dengan jarak 138,8 km di Maumere, NTT, Kamis (19/5/2016) (Antara Foto/Wahyu Putro A)

"Saat ini jumlah dokter spesialis jantung asal Malaysia yang sudah mendaftar 30 orang. Mereka sudah pasti ikut dalam Tour de Timor 2016".
Kupang, (Antara NTT) - Puluhan dokter spesialis jantung dari Malaysia berencana mengambil bagian dalam "Tour de Timor" yang digelar pada 30 November 2016, dengan titik star di Mota`Ain, Kabupaten Belu, wilayah perbatasan negara Timor Leste.

"Saat ini jumlah dokter spesialis jantung asal Malaysia yang sudah mendaftar 30 orang. Mereka sudah pasti ikut dalam Tour de Timor 2016," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Wely Rohimone kepada Antara di Kupang, Senin, (21/11).

Dia mengatakan, "event organizer" (EO) terus menjual paketnya ke luar negeri, sehingga harapkan para peserta dari Australia, Timor Leste, dan Singapura juga bisa mengambil bagian dalam acara ini.

Menurut dia, pemerintah berharap banyak peserta yang ikut karena dalam "event touring" ini untuk menikmati obyek wisata yang ada di sepanjang Pulau Timor.

"Kita harapkan, dokter-dokter dari negara lainpun ikut mengambil bagian, apalagi ini kegiatan touring, tidak dibatasi jumlah pesertanya," tuturnya.

Mengenai kegiatan para dokter, dia mengatakan mereka akan membagikan ilmunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat di sepanjang rute yang dilalui.

"Kami juga sudah meminta supaya dinas kesehatan di tiap kabupaten yang akan dilalui, untuk membantu para dokter karena mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan jantung terhadap warga-warga yang ada di setiap kabupaten secara gratis," ujarnya.

Dia menambahkan, event tour de Timor ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan NTT khususnya Pulau Timor ke dunia luar, tidak hanya pariwisatanya, tetapi ada budayanya, potensi investasi, potensi sosial yang akan dipromosikan melalui kehadiran para peserta.

Tour de Timor ini akan dimulai dari Mota`Ain, Kabupaten Belu, wilayah yang berbatasan dengan negara Timor Leste pada 30 November.

Dari Mota`Ain, para peserta akan menuju ke kabupaten baru Malaka pada 1 Desember, selanjutnya ke Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada 2 Desember dan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada 3 Desember.

Para peserta akan menuju Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebagai etape terakhir pada 4 Desember, imbuhnya.