Polisi kawal kedatangan ratusan tabung oksigen untuk pasien COVID

id Polisi, tabung oksigen, NTT, Kota Kupang.

Polisi kawal kedatangan ratusan tabung oksigen untuk pasien COVID

Sejumlah anggota Polres Kupang Kota berpakaian preman saat mengawal kedatangan tabung oksigen di RSJ Naimata. Antara/HO.

Kita akan kawal, baik itu saat kedatangan sampai pada pendistribusian di sejumlah RS di Kota Kupang
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kupang Kota mengawal ketat kedatangan 300 tabung oksigen bagi dua rumah sakit di NTT yang sempat mengalami kelangkaan sejak pertengahan Januari lalu akibat meningkatnya kasus COVID-19 di daerah itu.

Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti kepada wartawan di Kupang, Senin, (8/2) mengatakan kurang lebih 10 personel Polres Kupang Kota diterjunkan untuk mengawal pendistribusian takbung oksigen yang baru tiba dari Surabaya tersebut.

"Pendistribusian di lakukan di dua RS yakni RSUD SK Lerik Kota Kupang dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Naimata, Kota Kupang," katanya.

Orang nomor satu di Polres Kupang Kota itu menambahkan bahwa walaupun yang tiba ada 300 tabung oksigen, namun hanya 50 tabung oksigen yang didistribusikan untuk RSUD SK Lerik Kota Kupang. Sementara itu sisanya masih tersimppan di gudang dinas kesehatan provinsi NTT di RSJ Naimata.

Orang nomor satu di Polres Kupang Kota itu menambahkan bahwa pengawalan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan apalagi di tengah ada pemberitaan yang menyatakan terjadi kelangkaan.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya siap mengawal dan mengamankan kebijakan serta program pemerintah provinsi NTT terkait ketersediaan oksigen di rumah sakit di Kota Kupang yang merawat pasien covid-19 terutama pengeluaran dan penggunaan oksigen.

"Kita akan kawal, baik itu saat kedatangan sampai pada pendistribusian di sejumlah RS di Kota Kupang," tambah dia.

Baca juga: Pengusaha tabung oksigen di Kupang kewalahan penuhi permintaan RS

Baca juga: Polda NTT-PT AGI kerjasama adakan oksigen bagi pasien Corona


Lebih lanjut tambah dia, selain pengawalan saat oksigen tiga di Kota Kupang, pengawalan juga dilakukan saat pendistribusian oksigen dari para distributor ke RS di ibu kota provinsi NTT itu.

Tetapi lebih utamakan adalah RS yang memang menanggani pasien COVID-19 terutama rumah sakit umum di Kota Kupang dan sekitarnya.Pengawalan ini dilakukan sama seperti pengawal terhadap pendistribusian vaksin.

"Kami berharap kepada masyarakat jika ada kendala segera dikoordinasikan bila perlu dilaporkan ke kami," tambah dia