Puluhan rumah warga di Kabupaten Kupang terendam banjir

id banjir di NTT,banjir kabupaten kupang

Puluhan rumah warga  di Kabupaten Kupang terendam banjir

Banjir di Desa Oebelo, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (20/2) mengakibatkan arus transportasi di ruas jalan Timor Raya menjadi macet . ANTARA/HO-Aspri

Intensitas hujan tahun ini sangat tinggi sehingga luapan banjir melintasi ruas jalan Timor Raya dan merendam rumah warga
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 69 rumah di Desa Tanah Merah dan Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur terendam banjir setelah hujan deras menyebabkan sungai di desa itu meluap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang, Paulus Ati yang dihubungi di Kupang, Sabtu, mengatakan, banjir yang menimpa warga Desa Oebelo dan Tanah Merah selalu terjadi saat intensitas hujan sangat lebat.

"Pada tahun 2020 dampak banjirnya tidak terlalu berat karena curah hujan sangat terbatas, tetapi intensitas hujan yang terjadi tahun ini menyebabkan kali mati di Desa Oebelo meluap hingga merendam sebagian rumah warga," kata Paulus Ati.

Dia mengatakan, pemerintah Kabupaten Kupang masih melakukan pendataan terhadap dampak bencana banjir yang terjadi di Desa Oebelo dan Tanah Merah.

Sementara itu pejabat sementara Kepala Desa Oebelo, Isak Tode yang dihubungi secara terpisah mengatakan, rumah warga yang terdampak banjir pada umumnya berada di RT 13.

Baca juga: 50 desa di Kabupaten Kupang terpapar COVID-19

Baca juga: Jembatan rusak berat, akses transportasi ke Amfoang putus total


"Intensitas hujan tahun ini sangat tinggi sehingga  banjir kali mati meluap hingga melintasi ruas jalan Timor Raya dan merendam rumah warga,"tegasnya.

Banjir yang terjadi di Desa Oebelo itu juga mengakibatkan arus lalu lintas yang melintasi ruas jalan Timor Raya menjadi macet akibat tingginya luapan air banjir.