Pemkot Kupang Serahkan 21 Sumber Air Bersih

id Air

Pemkot Kupang Serahkan 21 Sumber Air Bersih

Bupati Kupang Ayub Titu Eki (kiri) bersama Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore (kanan) saat membahas Nota Kesepahaman (MoU) Pengelolaan Air Bersih di Kota Kupang, Jumat (13/10). (Foto ANTARA/Benny Jahang)

"Kami tidak mau lagi mempersoalkan aset tetapi bagaimana upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat kota Kupang saat ini," kata Jefrison Riwu Kore.
Kupang (Antara NTT) - Pemerintah Kota Kupang menyerahkan 21 sumber air bersih untuk dikelola Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kupang dalam mengatasi krisis air bersih yang dialami warga ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kami tidak mau lagi mempersoalkan aset tetapi bagaimana upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat kota Kupang saat ini," kata Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore saat membahas Nota Kesepahaman (MoU) Pengelolaan Air Bersih di Kota Kupang bersama Bupati Kupang Ayub Titu Eki di Kupang, Jumat.

Pemerintah Kota Kupang dan Pemerintah Kabupaten Kupang bersepakat secara bersama-sama mengelola berbagai sumber air bersih dalam wilayah Kota Kupang guna mengatasi kekurangan air bersih yang dialami warga Kota Kupang dikala tibanya musim kemarau.

Riwu Kore yang didampingi Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man itu mengatakan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Kota Kupang merupakan program prioritas pemerintahannya selama memimpin Kota Kupang.

Sehingga, kata dia, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi krisis air bersih di kota ini, merupakan hal yang prioritas yang wajib dilakukan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang adalah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kupang yang telah memiliki infrastruktur jaringan perpiaan air bersih di Kota Kupang.

Dengan demikian, tambahnya, kebutuhan air bersih bagi warga kota tetap terpenuhi dan tidak mengalami krisis air bersih pada saat musim kemarau seperti saat ini.

Ia menegaskan pemerintah Kota Kupang juga memberikan ruang kepada pemerintah Kabupaten Kupang untuk mendistribusikan air dari sumber-sumber air di wilayah itu guna memenuhi kebutuhan warga Kota Kupang akan air bersih.

Sementara itu Bupati Kupang Ayub Titu Eki menyambut positif terhadap niat baik Wali Kota Kupang yang menyerahkan pengelolaan 21 sumber air bersih di Kota Kupang kepada PDAM Kabupaten Kupang untuk mengelolanya.

"Kami berterima kasih kepada Wali Kota Kupang yang telah mengizinkan PDAM Kupang untuk mengelola sumber air yang ada untuk memenuhi kebutuhan warganya," kata Bupati Ayub.

Menurut Bupati Ayub, langkah yang diambil Wali Kota Kupang merupakan sebuah tindakan brilian, karena PDAM Kabupaten Kupang sudah memiliki jaringan perpipaan air bersih dalam wilayah Kota Kupang.

"Kita juga siap membangun reservoar di lokasi sumber air di Kota Kupang sehingga masyarakat daerah ini bisa mendapatkan air bersih. Bahkan sumur bor juga kita bangun untuk mendapatkan sumber air baru bagi kebutuhan air bersih di Kota Kupang," demikian Bupati Ayub Titu Eki.