Kuliah Umum Empat Direksi BUMN

id BUMN

Kuliah Umum Empat Direksi BUMN

BUMN Hadir di Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Sabtu (28/10). (Foto ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Empat Direksi BUMN, Sabtu, memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dalam program "BUMN Hadir di Kampus" yang diadakan serentak di 28 provinsi se-Indonesia.
Kupang (Antara NTT) - Empat Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sabtu, memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dalam program "BUMN Hadir di Kampus" yang diadakan serentak di 28 provinsi se-Indonesia.

Jajaran direksi yang hadir sebagai pemateri dalam kuliah umum yang dimulai pukul 07.30 Wita di antaranya Deputy Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha atau Komisaris PLN Aloysius Kiik Ro, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN Djoko R Abumanan.

Selain itu Direktur Utama Surveyor Indonesia Arif Zainuddin, Direktur Urama PT Perusahaan Pengelolaan Aset Saiful H Manan, didampingi pemateri tuan rumah Rektor Undana Kupang Prof Ir Fredrik Lukas Benu MSi.

Komisaris PLN Aloysius Kiik Ro, kepada wartawan di setelah acara itu mengatakan, kehadiran pihaknya ke kampus-kampus untuk mengenalkan BUMN kepada generasi muda atau mahasiswa bahwa BUMN hadir untuk negeri.

"BUMN terus membangun negara khususnya bidang ekonomi yang berkeadilan, secara sungguh-sungguh kami mau menunjukkan kepada generasi penerus bahwa kita menjadi bagian dari agen pembangunan dan pencipta nilai," katanya.

Ia menjelaskan, BUMN terus berperan menciptakan laba yang disumbangkan kepada negara, di samping itu membantu pemerintah untuk program-program ekonomi dengan fokus pada kompetensi BUMN.

"Misalnya persoalan inklusi finansial, untuk masyarakat yang tidak punya akses maka BUMN bisa masuk melakukan pemberdayaan sehingga pada saatnya mereka mampu menggunakan jasa-jasa keuangan," katanya.

"Selain itu juga memperkenalkan terkait peran BUMN sebagai kontraktor bagi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur jalan, jalan tol, bendungan, dan lainnya," katanya.

Menurutnya, sasaran pengenalan BUMN kepada pelajar atau mahasiswa itu karena dinilai memiliki penalaran yang bagus dan menerima secara lugas kehadiran BUMN.

"Harapan kami mahasiswa sebagai generasi intelektual setelah selesai studinya menerapkan ilmunya untuk bergabung bersama-sama dalam BUMN membangun negeri ini," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan BUMN terus membangun sinergi dengan berbagai perguruan tinggi misalnya melalui penyaluran bantuan beasiswa maupun bantunan penguatan pusat-pusat penelitian.

"Jadi ada kerja sama saling menguntungkan, kita bisa menghidupkan pusat-pusat penelitian dan mereka bisa memberikan hasil riset atau terapan yang bisa dipakai maupun dikomersialkan," katanya.

Di akhir kuliah umum tersebut, BUMN juga memperkenalkan inovasi teknologi seperti kompor listrik dan sepda motor listrik yang dibagikan dengan hadiah lainnya seperti laptop dan sepeda.