Kebakaran Gudang Mebel Tak Timbulkan Korban Jiwa

id kebakaran

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Gudang Avia Jaya Meubel yang berlokasi di Jalan Oelatea Raya No 1, Kecamatan Alak, Kota Kupang," kata Margarita Sulabesi.
Kupang (Antara NTT) - Kepolisian Sektor Alak Kupang, Nusa Tenggara Timur memastikan tak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang mebel di Kecamatan Alak terjadi sekitar pukul 17.00 WITA, Jumat.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Gudang Avia Jaya Meubel yang berlokasi di Jalan Oelatea Raya No 1, Kecamatan Alak, Kota Kupang," kata Kepala Kepolisian Sektor Alak Komisaris Polisi Margarita Sulabesi.

Margarita mengatakan bahwa api diduga api berasal dalam gudang tersebut karena kebakaran hingga saat ini hanya terjadi di dalam gudang tersebut.

Saat kejadian para pekerja juga sudah tidak berada di dalam gudang tersebut, sehingga tak ada korban jiwa. 
"Api berasal dari dalam gudang namun belum diketahui penyebab adanya api ini," katanya lagi.

Ia juga mengatakan kerugian pun belum bisa diprediksi karena hingga saat ini pihak pemadam kebarakan masih berusaha memadamkan api yang masih menyala dalam gudang tersebut.

"Penyelidikan akan kami lakukan pada keesokan hari, karena hingga saat ini api masih menyala dan masih dalam proses pemadaman," katanya.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran setempat Jhon Bell mengatakan bahwa pihaknya menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersebut.

"Ada tiga unit mobil pemadam yang kami turunkan, tetapi kami dapat bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran dari PT Semen Kupang," katanya.

Damkar setempat juga mendatangkan tiga unit mobil tangki ukuran 5.000 liter serta dibantu oleh sejumlah mobil tangki air milik masyarakat setempat yang harus bolak balik menyuplai air sebanyak 50 kali.

Pihak pemadam kebakaran juga menurunkan kurang lebih 42 personel, dibantu masyarakat dan anggota TNI untuk memadamkan api tersebut.

Sampai dengan berita ini diturunkan proses pemadaman api kebakaran gudang mebel ini masih terus dilakukan.

Hubungan arus pendek
Kapolsek Alak Komisaris Polisi Margarita Sulabesi menduga kebakaran tersebut akibat hubungan arus pendek, karena sumber apinya berasal dari dalam gudang.

Kebakaran tersebut tak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian material akibat kebakaran tersebut lanjutnya mencapai Rp3 miliar.

"Kita belum tahu kerugian sampai berapa, tetapi kata pemiliknya mencapai Rp3 miliar," kata Rita, sapaan akrab Kapolsek Alak.

Pantauan Antara di lokasi kebakaran warga sekitar dan para pekerja di gudang mebel tersebut masih memungut puing-puing bangunan yang sudah roboh.

Sementara itu, sebagian pekerja dan warga juga masih terus berusaha untuk memadamkan sejumlah titik api yang masih menyala.

Lebih lanjut Rita mengatakan, investigasi penyebab kebakaran gudang mebel tersebut hingga saat ini masih terus dilakukan.

"Saat ini Inafis dari Polres Kota sudah turun. Nanti paling kita hanya kirimkan sampel ke Bali untuk mengetahui penyebab dari kebakaran ini," tuturnya.

Hasil dari investigasi itu lanjutnya belum bisa diketahui kapan akan diketahui. Saat ini fokus dari pihak kepolisian setempat hanya ingin menyelidiki terlebih dahulu penyebab kebakaran itu.

Sementara itu pemilik gudang Avia Mebel Samiaji ketika ditemui di lokasi kebakaran masih belum mau memberikan keterangan soal bencana yang menimpanya tersebut. "Nanti saja ya baru saya berikan komentar," ujarnya.