Pemkab Kupang siapkan teropong di wisata Teres

id NTT,pantai teres,tempat wisata di NTT

Pemkab Kupang siapkan teropong di wisata Teres

Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (Antara/ Benny Jahang)

...pemerintah juga sedang genjot membangun berbagai fasilitas pendukung dalam kawasan wisata itu
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan satu unit teropong di kawasan wisata Teres, Kecamatan Amarasi Selatan untuk digunakan wisatawan melihat matahari terbit maupun matahari terbenam.

"Kawasan wisata Teres akan dilengkapi dengan fasilitas alat teropong untuk digunakan wisatawan melihat matahari terbit maupun terbenam di Indonesia bagian Timur. Proses pengadaan fasilitas teropong ini dilakukan dalam tahun ini," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno di Kupang, Senin, (17/5).

Ia mengatakan, kawasan wisata Teres merupakan salah satu kawasan wisata di Indonesia bagian timur yang bisa melihat matahari terbit dan terbenam pada sore hari dengan alam yang indah.

Menurut dia, hanya dua tempat di Indonesia sebagai lokasi yang strategis untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam di Indonesia yaitu satu di Nongko Jajar, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur dan Pantai Teres, Kabupaten Kupang.

Dia mengatakan, proses pengadaan teropong senilai Rp200 juta itu dilakukan pada tahun 2021.

Selain pengadaan teropong, pemerintah Kabupaten Kupang juga sedang genjot membangun berbagai fasilitas pendukung dalam kawasan wisata itu.

Menurut Korinus, pembangunan berbagai infrastruktur di kawasan wisata Teres dilakukan dengan pola padat karya.

Baca juga: Lokasi wisata di kabupaten Kupang ditutup selama liburan Lebaran

"Pembangunan beberapa infrastruktur dalam kawasan wisata Teres dilakukan oleh masyarakat seperti pembangunan Lopo (tempat istirahat bagi wisatawan) apabila dikerjakan pihak ketiga bisa menelan anggaran Rp80 juta tetapi melalui sistem padat karya oleh masyarakat hanya Rp27 juta/satu lopo," kata Korinus.

Baca juga: Korban badai seroja di Takari Kupang belum dibantu

Dia mengatakan, pengerjaan penataan kawasan pantai Teres dengan sistem padat karya ternyata menjadi lebih murah dan kualitas lebih baik dan masyarakat dilibatkan secara langsung sebagai pekerja.