Golkar Akhirnya Usung Laiskodat-Naisoi

id Golkar

Golkar Akhirnya Usung Laiskodat-Naisoi

Viktor Bungtilu Laiskodat-Yoseph Naisoi, merupakan pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 pilihan Partai Golkar berdasarkan hasil rapat pleno partai berlambang Pohon Beringin itu.

Rapat pleno Partai Golkar NTT akhirnya memutuskan mendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yoseph Naisoi untuk maju bertarung dalam gelanggang Pilgub NTT 2018.
Kupang (Antara NTT) - Rapat pleno DPD I dan DPD II Partai Golkar Nusa Tenggara Timur, Jumat (15/12) akhirnya memutuskan mendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yoseph Naisoi untuk maju bertarung dalam gelanggang Pilgub NTT 2018.

Keputusan tersebut sekaligus menganulir pasangan calon yang sudah disepakati sebelumnya, yakni Ketua NasDem NTT Jacky Uli dan Ketua DPD Golkar NTT Melki Laka Lena sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2018-2023.

Skenario politik yang disusun Setya Novanto selaku Ketua Umum Golkar pada saat itu, akhirnya gugur dengan sendirinya, setelah Ketua DPR-RI itu ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai terangka dalam kasus KTP elektronik.

"Keputusan pleno Partai Golkat akhirnya memberikan dukungan kepada Victor Bungtilu Laiskodat dan Yoseph Naisoi untuk maju bertarung di Pilgub NTT 2018," kata Ketua DPD I Golkar NTT Melki Laka Lena kepada Antara di Kupang.

Dia menegaskan sebagai Ketua DPD I Golkar NTT siap mengamankan keputusan pleno tersebut ke DPP untuk diterbitkan Surat Keputuan (SK) sesuai ketentuan yang berlaku di organiasi. "Sebagai kader partai harus berbesar hati untuk menerima kenyataan politik tersebut," ujarnya.

Melki Laka Lena, sebelumnya ditetapkan DPP Partai Golkar versi Setya Novanto sebagai calon wakil gubernur NTT mendampingi Ketua NasDem NTT Jacky Uli sebagai calon gubernur NTT. Namun, semuanya sirna setelah kekuatan politik Novanto berakhir di tangan KPK.

Partai NasDem kemudian memilih jalur politik baru dengan menunjuk Viktor Bungtilu Laiskodat (Anggota DPR RI) sebagai bakal calon Gubernur NTT menggantikan Jacky Uli, dan Golkar pun menunjuk Yoseph Naisoni menggantikan posisi Melki Laka Lena sebagai bakal calon wakil Gubernur NTT.

Dengan mencermati situasi politik tersebut, kata Melki Laka Lena, maka Partai Golkar dan NasDem tetap berkoalisi dalam menghadapi Pilgub NTT 2018, meski sempat bubar setelah gagal mengusung Jacky Uli dan Laka Lena sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT.

Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Alex Take Ofong, mengatakan, pasangan Victor Bungtilu Laiskodat-Yoseph Naisoi saat ini tinggal menunggu surat keputusan DPP Partai Golkar dan Partai NasDem untuk didaftarkan sebagai peserta Pilgub NTT 2018. 

"Secara de facto, pasangan ini sudah diketahui publik, terutama internal kedua partai koalisi itu, namun secara de jure harus menunggu SK dari DPP Golkar dan NasDem," katanya.

Wakil Ketua DPRD NTT ini menjelaskan, apabila komunikasi politik pimpinan dua parpol tersebut untuk berkoalisi maka posisi Viktor-Yoseph tetap langgeng sampai ke ajang Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023.