Vaksinasi nakes di Manggarai Barat capai 90 persen

id vaksinasi,labuan bajo,ntt

Vaksinasi nakes di Manggarai Barat capai 90 persen

Seorang petugas kesehatan sedang memberikan vaksin kepada seorang pekerja media di Kupang. (ANTARA/Bernadus Tokan)

"Kami berharap dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam hal penyediaan vaksin agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan sesuai rencana,"
Labuan Bajo (ANTARA) - Cakupan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk dosis pertama mencapai 98 persen dan dosis kedua 91 persen dari total sasaran sebanyak 1.575 nakes.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami di Labuan Bajo, Minggu, (20/6) sedangkan vaksinasi untuk pelayanan publik dosis pertama mencapai 90 persen dan dosis kedua 74 persen dari total sasaran sebanyak 19.189 orang.

"Khusus vaksin yang diberikan sesuai petunjuk untuk sasaran SDM kesehatan dan pelayanan publik sudah mencapai 90 persen lebih," katanya terkait perkembangan vaksinasi di daerah yang dikenal dengan destinasi wisata super premiunnya itu dan dukungan pemerintah daerah dalam mendukung program satu juta vaksinasi per hari.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi COVID-19 pelayan publik dosis I capai 50 persen
Baca juga: Presiden Jokowi minta kepala daerah targetkan vaksinasi 1 juta dosis per hari


Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum dijadwalkan mulai awal Juli 2021.

Menyinggung kendala pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya, adalah kesiapan vaksin. "Kendala kami adalah kesiapan vaksin dari provinsi masih kurang," kata Paulus Mami.

Menurut dia, jika stok vaksin cukup tersedia, proses pelaksanaan vaksinasi, terutama untuk masyarakat umum dapat dilakukan secepatnya agar tercipta kekebalan kelompok di daerah itu.

"Kami berharap dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam hal penyediaan vaksin agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan sesuai rencana," katanya.