KPU NTT gelar bimtek pilkada

id KPU

KPU NTT gelar bimtek pilkada

Ketua KPU Nusa Tenggara Timur Maryanti Adoe

KPU NTT menggelar bimbingan teknis Pilkada tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati bagi anggota KPU di sepuluh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 2018.
Kupang (Antaranews NTT) - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Timur menggelar bimbingan teknis pemilu kepala daerah (Pilkada) tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati bagi anggota KPU di sepuluh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 2018.

"Bimbingan teknis yang kami gelar ini untuk menyamakan persepsi di antara anggota KPU serta mendalami seluruh regulasi yang terkait dengan pendaftaran pasangan calon gubernur dan pasangan calon bupati sehingga mampu menghindari persoalan yang timbul kemudian hari," kata Ketua KPU NTT Maryanti Adoe kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung hingga Kamis (4/1) itu diikuti oleh para Ketua KPU di sepuluh kabupaten penyelenggara pilkada serta kepala divisi hukum, divisi teknis dan kepala sub bagian teknis.

Maryanti menjelaskan dilaksanakannya bimbingan teknis tersebut karena waktu untuk pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur serta calon bupati dan wakilnya sudah semakin dekat, yakni pada 8 - 10 Januari 2018.

Ia mengatakan tahapan pendaftaran calon gubernur dan cawagub atau calon bupati dan wakil bupati sering kali mengalami masalah. Salah satu masalah di antaranya adalah pencantuman partai pengusung yang tak memiliki kursi di DPRD, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Hal ini sesuai regulasi dilarang. Sehingga ia berharap agar semua anggota KPU baik di provinsi dan daerah bisa menerima regulasi tersebut, serta mempunyai pemahaman yang sama, tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi juga tingkat provinsi bahkan sampai tingkat pusat.

Sejauh ini bimbingan teknis tersebut sudah diberikan kepada partai politik, kemudian dengan tim penghubung dan kedepannya akan melibatkan tim koalisi jika sudah ada tim koalisi yang sudah terbentuk.

Pilkada 2018 di NTT akan diikuti oleh 10 kabupaten di provinsi berbasis kepulauan itu, yakni Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Sikka, Alor, Ende, Manggarai Timur, Nagekeo, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Rote Ndao serta pemilu gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2018-2023.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021