BMKG deteksi lima titik panas di Pulau Sumba

id NTT,Stasiun Meteorologi El Tari Kupang,BMKG,Pulau Sumba,titik panas

BMKG deteksi lima titik panas di Pulau Sumba

Titik panas yang terdeteski muncul di Pulau Sumba, NTT. (ANTARA/HO-Stasiun Meteorologi El Tari Kupang)

...Titik panas terdeteksi di Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Sumba Tengah sebanyak dua titik dan Kecamatan Haharu Sumba Timur tiga titik
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi lima titik panas di Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Titik panas terdeteksi di Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Sumba Tengah sebanyak dua titik dan Kecamatan Haharu Sumba Timur tiga titik," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa, (13/7).

Ia menjelaskan titik panas ini terdeteksi muncul pada siang hari, antara pukul 12.30 hingga 14.10 Wita dengan tingkat kepercayaan 90 persen.

Deteksi titik panas ini menggunakan sensor VIIRS dan MODIS pada satelit polar (NOAA20, S-NPP, TERRA, dan AQUA) memberikan gambaran lokasi wilayah yang mengalami kebakaran hutan.

Ia menjelaskan satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dibandingkan dengan sekitarnya. Observasi ini dilakukan pada siang dan malam hari untuk masing-masing satelit.

Pada daerah yang tertutup awan atau blank zone, titik panas di wilayah tersebut tidak dapat terdeteksi.

Baca juga: BMKG sebut 13 daerah di NTT berstatus awas kekeringan meteorologis

Baca juga: BMKG: Empat daerah di NTT berstatus awas kekeringan meteorologis


"Informasi sebaran titik panas merupakan indikator awal kebakaran lahan serta dapat dimanfaatkan dalam deteksi area terbakar," kata Agung Sudiono.