ASDP Kupang tutup sejumlah lintasan penyeberangan

id feri

ASDP menutup sejumlah lintasan penyeberangan di Nusa Tenggara Timur akibat cuaca buruk (Foto ANTARA)

"Kami sudah tutup sejumlah rute pelayaran sejak Kamis (10/1) kemarin akibat cuaca buruk yang melanda wilayah ini," kata Burhan Zahim.
Kupang (Antaranews NTT) - PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, menutup sementara sejumlah lintasan penyeberangannya di Nusa Tenggara Timur akibat cuaca buruk yang masih terus melanda wilayah kepulauan ini.

"Kami sudah tutup sejumlah rute pelayaran sejak Kamis (10/1) kemarin akibat cuaca buruk yang melanda wilayah ini," kata General Manager PT ASDP Indonesia Cabang Kupang Burhan Zahim di Kupang, Jumat.

Cuaca buruk berupa gelombang tinggi dan angin kencang dalam beberapa hari terakhir di NTT diakibatkan oleh siklon tropis Joyce di Samudera Hindia selatan Indonesia.

Tak hanya di NTT, siklon tropis Joyce juga memberikan dampak terhadap cuaca di beberapa daerah berupa hujan sedang-lebat terjadi di Jawa Timur, Bali dan NTB.

Selain angin kencang terjadi di wilayah NTB dan NTT siklon tersebut juga mengakibatkan gelombang dengan ketinggian 1,25-2,50 meter di Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian selatan, Laut Sawu, serta Laut Timor selatan NTT.

Gelombang laut 2,50- 4,0 meter di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Sumbawa, perairan selatan Pulau Sumba, Pulau Rote, Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Jawa hingga selatan NTT.

"Hal inilah yang membuat kami menutup beberapa rute pelayaran sampai dengan waktu yang belum ditentukan, menunggu sampai cuaca normal kembali," ujarnya.

Rute pelayaran yang ditutup yakni Kupang-Rote, Kupang-Aimere, Kupang-Larantuka dan Kupang-Kalabahi.

Sebelumnya pihak Kesyahbandaran Kupang juga telah mengeluarkan surat larangan kapal-kapal berlayar jika cuaca buruk di wilayah NTT untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar