Gempa berkekuatan 5,0 SR guncang Kupang

id gempa

Gempa berkekuatan 5,0 SR guncang Kupang

Gempa berkekuatan 5,0 SR, Sabtu pagi mengguncang wilayah Kupang dan sekitarnya. (Foto ANTARA)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.49.04 WITA, wilayah Kupang dan sekitarnya diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala Richter (SR).
Kupang (Antaranews NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.49.04 WITA, wilayah Kupang dan sekitarnya diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala Richter (SR).

Kepala BMKG Kupang Hasanudin  mengatakan pusat gempa bumi berada di Laut Sawu, dengan episenternya terletak pada titik koordinat 10,13 Lintang Selatan (LS) dan 122,88 Bujur Timur (BT).

Lokasi titik gempa berada pada jarak 52 km arah barat Naekean, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 68 km.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dampak gempa menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Tenau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II Modified Morcally Intensi (MMI).

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan lemah dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan," katanya dan menambahkan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Laut Sawu.

Sementara dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran mendatar-naik (oblique thrust).  Hingga berita ini diturunkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.