RSUD Kupang pleno pemeriksaan kesehatan bakal calon

id RSUD

RSUD Kupang pleno pemeriksaan kesehatan bakal calon

Direktur RSUD Kupang Dominikus Minggu Mere (Foto ANTARA)

"Pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati sudah selesai dilakukan. Kami sedang mempersiapkan rapat pleno menetapkan hasil pemeriksaan," kata Dominikus Minggu Mere.
Kupang (Antaranews NTT) - Direktur RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang Dominikus Minggu Mere mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan pleno hasil pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati di Nusa Tenggara Timur.

"Pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati sudah selesai dilakukan. Kami sedang mempersiapkan rapat pleno menetapkan hasil pemeriksaan," kata Dominikus Minggu Mere kepada Antara di Kupang, Senin, terkait hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati yang akan ikut dalam pilkada serentak di NTT pada 2018 ini.

Pada tahun 2018, di provinsi berbasis kepulauan itu akan menggelar pilkada serentak di sepuluh kabupaten, termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT.

Ke-sepuluh kabupaten yang akan menggelar pilkada bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur itu adalah Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Sikka, Alor, Ende, Manggarai Timur, Nagekeo, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Rote Ndao.

Dalam pilgub maupun pilkada, ada 43 bakal pasangan calon yang mendaftar di KPU NTT, dan direkomendasikan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Kupang.

Bakal pasangan calon itu terdiri dari empat bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur NTT dan 39 bakal pasangan calon bupati-wakil bupati.

"Semua calon sudah diperiksa kesehatannya. Tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), BNN serta perhimpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) akan menggelar pleno," katanya.

Jika pleno hasil pemeriksaan kesehatan ini bisa selesai pada hari ini, Senin, (15/1-red) maka petang ini juga akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Artinya, paling lambat tanggal 16 Januari semuanya sudah beres," katanya menambahkan.