Pembangunan jalan provinsi di NTT tak capai target

id NTT, Dinas PUPR, pembangunan jalan, dampak pandemi

Pembangunan jalan provinsi di NTT tak capai target

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTT Maksi Nenabu. ANTARA/Benediktus Jahang

...Target pengerjaan jalan provinsi pada 2020 sepanjang 450 kilometer namun tidak sesuai target dan yang berhasil dibangun hanya mencapai 372,74 km
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur Maksi Nenabu mengatakan pembangunan ruas jalan provinsi di NTT pada 2020 tak mencapai target akibat adanya pandemi COVID-19.

"Target pengerjaan jalan provinsi pada 2020 sepanjang 450 kilometer namun tidak sesuai target dan yang berhasil dibangun hanya mencapai 372,74 kilometer karena berbagai kendala seperti keterbatasan anggaran," katanya di Kupang, Rabu, (28/7).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan dampak pandemi COVID-19 terhadap program pembangunan infrastruktur ruas jalan provinsi yang ditargetkan pemerintah Provinsi NTT.

Maksi menjelaskan dalam peta jalan Pemerintah Provinsi NTT tahun 2020, target ruas jalan provinsi yang harus diperbaiki sepanjang 450 kilometer, sementara 456 km lainnya dibangun pada 2021.

Namun demikian realisasi pembangunan pada 2020 belum mencapai target akibat keterbatasan anggaran karena dialihkan untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga 2021 ini.

"Ruas jalan yang belum diperbaiki pada 2020 sedang dilanjutkan pengerjaannya pada 2021 ini," katanya.

Lebih lanjut Maksi Nenabu menjelaskan, meski tak mencapai target secara keseluruhan, namun terdapat ruas jalan pada lokas strategis yang berhasil dikerjakan seperti di ruas Bokong-Lelogama Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste.

Baca juga: NTT prioritaskan bangun 78 ruas jalan provinsi hingga 2022

"Rata-rata ruas jalan provinsi di segmen 3 Bokong-Lelogama sudah rampung mencapai 98 persen," katanya.

Baca juga: Ratusan ASN di Dinas PUPR jalani tes urine

Ia menambahkan untuk selanjutnya, pemerintah provinsi memprioritaskan pembangunan ruas jalan provinsi sebanyak 78 ruas yang tersebar di 22 kabupaten/kota.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022