Pedagang pasar Kota Kupang taat prokes

id NTT,COVID-19 kota kupang,prokes pedagang pasar

Pedagang pasar Kota Kupang taat prokes

Para pedagang yang berjualan dalam kawasan pasar Kasih Naikoten Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur taat terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. ANTARA/Benny Jahang

...Kesadaran pedagang dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sudah sangat bagus
Kupang (ANTARA) - Direktur I Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Mey Jagi mengapresiasi para pedagang di tiga pasar tradisional yang konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama melakukan aktifitas perdagangan.

"Kesadaran pedagang dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sudah sangat bagus. Para pedagang tetap menggunakan masker selama melakukan aktifitasnya berdagang dalam kawasan pasar," kata Mey Jagi di Kupang, Sabtu  (31/7).

Ia mengatakan, sekitar 98 persen pedagang di tiga pasar yaitu Pasar Kasih Naikoten, Pasar Oebobo dan Pasar Fatubesi taat terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Menurut dia, para pengurus pasar secara rutin melakukan operasi dalam kawasan pasar untuk menertibkan para pedagang yang tidak menggunakan masker selama berada dalam kawasan pasar.

"Bagi pedagang yang tidak mentaati taat prokes diberikan sanksi tidak diizinkan berdagang selama satu minggu," tegasnya.

PD Pasar Kota Kupang kata dia belum memberikan sanksi kepada pedagang yang melanggar prokes karena hingga saat ini para pedagang di tiga pasar itu sangat konsisten mentaati protokol kesehatan.

Selain itu menurut dia, PD Pasar Kota Kupang juga terus mengingatkan para pedagang dari luar daerah itu agar saat memasuki kawasan pasar untuk tetap menggunakan masker guna melindungi diri dari paparan COVID-19.

"Terhadap pedagang dari luar Kota Kupang yang datang berjualan di pasar wajib menggunakan masker. Apabila tidak memakai masker dilarang masuk dalam kawasan pasar," kata Mey Jagi.

Dia juga menambahkan PD Pasar Kota Kupang telah menyiapkan fasilitas mencuci tangan dalam kawasan pasar untuk digunakan para pedagang maupun pengunjung untuk mencuci tangan.