Pilkada 2018 - BKH inginkan kopi Colol mendunia

id Benny

Pilkada 2018 - BKH inginkan kopi Colol mendunia

Calon Gubernur NTT Benny K Harman (Foto ANTARA)

"Budidayakan kopi Colol karena saya ingin agar kopi kita ini bisa merambah ke seluruh belahan bumi ini," kata Benny K Harman.
Kupang (AntaraNews NTT) - Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur No. urut 3 Benny Kabur Harman (BKH) menginginkan agar kopi Colol di Manggarai Timur, Pulau Flores yang terkenal dengan aroma dan kenikmatannya itu bisa merambah ke seluruh dunia.

"Budidayakan kopi Colol karena saya ingin agar kopi kita ini bisa merambah ke seluruh belahan bumi ini," katanya saat berkampanye di Borong, Manggarai Timur, Sabtu.

Menurutnya kopi Colol adalah kopi yang kenikmatannya tak bisa ditandingi oleh kopi lainnya, sehingga upaya pembudidayaan tersebut merupakan sebuah langkah pasti bagi para petani kopi setempat.

Kopi Colol sempat dimusnahkan oleh Bupati Manggarai (saat itu) Anton Bagul Dagur, dengan alasan yang tidak rasional, sehingga membuat para petani kopi bercucuran air mata.

Karena itu, langkah budidaya yang tengah dilakukan oleh masyarakat Colol Manggarai Timur merupakan sebuah langkah pasti menuju bangkitnya komoditas tersebut di mata pasar.

Atas dasar itu, BKH berjanji bersama pasangannya Benny Litelnoni akan mendukung sepenuhnya upaya budidaya tersebut, mulai dari menjaga kualitas kopinya sampai menjadikannya sebagai komoditi unggulan di NTT.

"Kita akan promosikan kopi ini baik ke pasar lokal, nasional maupun internasional agar petani-petani kopi kita sejaterah," ujarnya.

Ia mengatakan dengan adanya komitmen tersebut maka para tengkulak kopi yang memiskinkan para petani kopi selama ini harus dilarang masuk ke Colol.

Kopi di Desa Colol merupakan kopi jenis arabika organik dengan aroma serta kenikmatannya tiada tara.

Kopi Colol saat ini baru merambah New York, Amerika Serikat serta London, Inggris. "Ini yang menginspirasi Harmoni untuk berupaya menduniakan kopi Colol ke berbagai negara di Eropa dan Amerika Latin," katanya.

Lebih lanjut BKH juga mengatakan dirinya akan bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk menjadikan Colol sebagai sebuah destinasi wisata bagi para penikmat kopi.

"Banyak wisatawan datang ke daerah itu untuk menikmati kopi Colol yang terkenal tersebut. Karena itu, tidak salah jika Colol harus menjadi sebuah destinasi pariwisata mendatang," katanya.