Stasiun Meteorologi Kupang Luncurkan E-Services MKG

id BMKG

Stasiun Meteorologi Kupang Luncurkan E-Services MKG

Peluncuran E-Services BMKG NTT.(Antara NTT/Asis Lewokeda)

"E-service ini berupa pelayanan informasi BMKG melalui website http://meteoeltari.com/ yang bisa diakses semua masyarakat yang terhubung dengan internet," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang Bambang Setiajid..
Kupang (Antara NTT) - Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang meluncurkan e-services MKG (Meteorologi Geofisika Klimatologi) Nusa Tenggara Timur untuk mempermudah layanan informasi cuaca dan iklim untuk masyarakat di provinsi kepulauan itu.

"E-service ini berupa pelayanan informasi BMKG melalui website http://meteoeltari.com/ yang bisa diakses semua masyarakat yang terhubung dengan internet," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang Bambang Setiajid di Kupang, Jumat.

Peluncuran e-services tersebut dilakukan oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Taufik, sekaligus menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang dengan dan Badan SAR Nasional Kupang serta Perum LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) Kupang.

Bambang menjelaskan ada dua sektor informasi yang disajikan oleh pihaknya melalui layanan e-services tersebut yakni informasi sipil dan khusus.

Untuk layanan informasi khusus, katanya, hanya diperuntukkan bagi para stakeholder seperti maskapai penerbangan, instansi pemerintah, swasta, terkait informasi tertentu yang bersifat khusus.

"Informasi khusus tersebut seperi cuaca dan rute penerbangan pesawat, dan juga hal-hal teknis. Informasi ini tidak diperuntukkan bagi publik karena berbahaya karena diubah-ubah," katanya.

Sementara untuk layanan informasi BMKG untuk masyarakat sipil bisa diakses secara langsung melalui website yang tersedia melalui grup aplikasi "whatsapp" yang teresedia lewat handphone.

"Kita selalu informasikan perkiraan cauca harian, cuaca buruk dan gelombang tinggi dan diusahakan secepat mungkin satu atau dua jam sebelum kejadian kami imbau peringatan dininya," katanya.

Menurut Bambang, layanan e-services tersebut akan mempermudah akses masyarakat untuk informasi MKG terutama para petani dan nelayan.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Taufik mengatakan informasi MKG sudah merupakan kebutuhan semua elemen masyarakat, tidak hanya untuk penerbangan namun juga sektor kehidupan lain seperti pertanian, perkebunan, bahkan industri garam.

"Para petani sangat membutuhkan informasi MKG untuk menentukan pola tanam yang sesuai agar bisa meningkatkan produksi pertaniannya," katanya mencontohkan.

Untuk itu, Taufik mengaku mengapresiasi peluncuran layanan e-services tersebut karena merupakan langkah inovasi untuk mempercepat dan memudahkan akses informasi dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Layanan ini sudah dilakukan juga di Bali, Jawa Timur. Kita usahakan nantinya semua BMKG di seluruh Indonesia bisa menerapkan layanan berbasis online seperti ini," katanya pula.